Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab YouTube Pause Sendiri dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 25/09/2022, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - YouTube kini menjadi aplikasi wajib di setiap ponsel, karena YouTube merupakan salah satu media besar yang memiliki banyak sekali fungsi diantaranya fungsi hiburan (entertain), edukasi, informasi, dan sebagainya.

Dengan adanya jutaan konten kreator dengan ciri khasnya masing-masing, penonton jadi semakin memiliki banyak sekali pilihan. Bahkan tak sedikit penonton televisi beralih untuk menonton YouTube karena alasan tersebut.

Namun, pernahkah Anda menemui beberapa kendala saat menonton video YouTube? Seperti salah satunya adalah video YouTube yang tiba-tiba terjeda, hal ini dapat merusak mood dan pengalaman menonton Anda pastinya.

Berikut ini KompasTekno mengulas penyebab YouTube yang tiba-tiba pause sendiri dan cara mengatasinya. 

Baca juga: YouTube Izinkan Kreator Monetisasi Video dengan Musik Berlisensi

Koneksi Internet Anda Buruk

Jika video YouTube yang akan Anda lihat selalu terjeda, alasan utama bisa jadi koneksi internet Anda buruk atau kecepatan internet Anda sangat lambat untuk memuat situs tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Pertama, tutup aplikasi-aplikasi yang tidak Anda perlukan saat itu karena bisa jadi kecepatan internet lambat karena banyaknya aplikasi yang berjalan sehingga dapat memonopoli bandwidth.
  • Kedua, pindah posisi Anda ke tempat yang lebih dekat dengan router. Hal ini dikarenakan saat Anda menjauh dengan posisi router, sinyal WiFi yang ponsel Anda tangkap akan semakin lemah.
  • Ketiga, restart router Anda. Saat Anda melakukan restart pada router, maka Anda juga menghapus cache, sehingga dapat meningkatkan kinerja router kembali secara keseluruhan.
  • Keempat, gunakanlah ekstensi Wifi. Jika Anda menggunakan ekstensi WiFi akan dapat meningkatkan area jangkauan router Anda.

Kabel Headphone/Earphone Anda Terputus

Jika saat Anda menonton video YouTube dan terputus maka bisa jadi kabel headphone atau earphone yang Anda gunakan juga terputus. Hal ini dikarenakan YouTube akan otomatis berhenti saat perangkat lain mengalami gangguan.

Terutama earphone yang berfungsi sebagai saluran suara dari YouTube ke telinga pendengar. Maka pastikan earphone dalam keadaan baik.

Baca juga: Studi: Tombol Dislike dan Not Interested di YouTube Ternyata Nirfaedah

Anda Perlu Memperbaiki Aplikasi YouTube Anda

Jika Anda sudah lama tidak memperbarui aplikasi YouTube, Anda akan mengalami berbagai masalah termasuk salah satunya adalah YouTube menjeda video dengan sendirinya.

Untuk memperbaikinya, Anda dapat membuka Play Store atau App Store, cari YouTube dan pilihlah tombol “Perbarui” Setelah ponsel Anda menginstal pembaruan, kemungkinan video Anda akan berjalan normal tanpa terjadi jeda video.

YouTube disetel “Take a Break”

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa saat kita menonton video di YouTube dengan durasi yang sudah lama maka YouTube menjeda dengan mode “Take a Break” jika Anda ingin melanjutkan maka pilih pilihan melanjutkan menonton.

Namun dalam hal ini juga dapat berpengaruh besar dalam pengalaman menonton di YouTube. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan;

Buka YouTube >  ketuk ikon “profil” dari sudut kanan atas dan pilih “pengaturan” > “umum”, > turn off atau matikan pilihan “remind me to take a break”. Dengan langkah tersebut maka video YouTube Anda tidak terjeda.

Menghapus Data Cache

Komputer atau ponsel Anda akan menyimpan data cache dari setiap situs web yang Anda kunjungi, sehingga situs akan dibuka kembali lebih cepat saat Anda mengaksesnya lagi nanti.

Sehingga, jika Anda mengumpulkan banyak data cache, itu akan berpengaruh pada performa pemuatan video YouTube yang akan ada tonton.

Untuk mengatasinya anda dapat membuka settingan atau pengaturan handphone lalu pilih Apps and notification > YouTube > Penyimpanan > Hapus Cache. Dengan begitu perangkat Anda jauh lebih ringan dan lebih cepat dalam memuat video YouTube Anda.

Baca juga: Fitur Baru Google Meet Bisa Buat Nobar YouTube dengan 100 Orang

Demikian penyebab dan cara mengasi video YouTube yang tiba-tiba terjeda sendiri. Semoga membantu. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com