Kompas.com - 28/09/2022, 10:45 WIB

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan smartphone kelas entry-level Samsung Galaxy A04s di Indonesia.

Sebagai penerus Samsung Galaxy A03s, Galaxy A04s mengunggulkan aspek fotografi dengan tiga kamera belakang. Kamera utama Galaxy A04s sendiri memiliki resolusi 50 MP.

Harga Samsung Galaxy A04s di Indonesia adalah Rp 2,1 juta. Dengan banderol tersebut, bagaimana isi kelengkapan aksesori yang tersedia di dalam kotak penjualan smartphone ini?

KompasTekno mendapatkan unit Samsung Galaxy A04s varian warna Green, dan mari kita melihat lebih dekat desain dan fitur-fitur yang ditawarkan Galaxy A04s.

Unboxing Samsung Galaxy A04s

Kotak penjualan Samsung Galaxy A04s nampak mengusung desain yang serupa dengan boks smartphone klasik dari lini Galaxy A0s lainnya.

Baca juga: Samsung Galaxy A04s Resmi Masuk Indonesia, Kamera 50 MP Harga Rp 2 Jutaan

Smartphone ini dikemas dalam kotak penjualan berwarna putih yang menampilkan gambar Samsung Galaxy A04s di bagian depannya.

Informasi terkait spesifikasi smartphone, seperti varian RAM dan kapasitas penyimpanan, warna, serta nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) dapat dijumpai pada label yang direkatkan di bagian bawah kotak penjualan Galaxy A04s.

Kotak kemasan Samsung Galaxy A04s mencakup aksesori SIM Card eject tool, buku panduan, kartu garansi, adapter charger 15 watt, serta kabel data USB-A ke US-C.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Kotak kemasan Samsung Galaxy A04s mencakup aksesori SIM Card eject tool, buku panduan, kartu garansi, adapter charger 15 watt, serta kabel data USB-A ke US-C.

Ketika dibuka, konsumen bisa langsung melihat satu buah unit Samsung Galaxy A04s yang masih dilindungi sebuah plastik pengaman.

Di balik smartphone, terdapat aneka aksesori mencakup SIM Card eject tool, buku panduan, kartu garansi, adapter charger 15 watt, serta kabel data USB-A ke US-C, serta kartu nomor Telkomsel.

Samsung tidak menyertai paket pembelian Samsung Galaxy A04s dengan aksesori earphone maupun softcase.

Desain Samsung Galaxy A04s

Bagian depan Samsung Galaxy A04s didominasi oleh layar jenis IPS berbentang 6,5 inci yang mampu menyajikan gambar dalam resolusi HD Plus dan refresh rate mencapai 90 Hz.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Bagian depan Samsung Galaxy A04s didominasi oleh layar jenis IPS berbentang 6,5 inci yang mampu menyajikan gambar dalam resolusi HD Plus dan refresh rate mencapai 90 Hz.

Beralih ke segi desainnya, Samsung Galaxy A04s memiliki dimensi 164,7 x 76,7 x 9,1 mm dengan bobot 195 gram.

Dengan ukuran tersebut, smartphone ini dapat dengan mudah dioperasikan dengan satu tangan dan bisa masuk dengan pas di saku celana.

Baca juga: Daftar Harga HP Samsung Terbaru September 2022

Bagian depan Samsung Galaxy A04s didominasi oleh layar jenis IPS berbentang 6,5 inci yang mampu menyajikan gambar dalam resolusi HD Plus dan refresh rate mencapai 90 Hz.

Terdapat satu buah kamera selfie beresolusi 5 MP (f/2.2) yang tersemat di dalam poni berbentuk tetesan air (waterdrop).

Sedangkan di bagian punggung, Galaxy A04s disertai dengan tiga buah kamera berikut satu buah lampu LED Flash.

Ketiga kamera yang dimaksud terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera depth 2 MP (f/2.4) dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Bagian punggung Samsung Galaxy A04s dihuni oleh tiga buah kamera yang mencakup kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera depth 2 MP (f/2.4) dan kamera makro 2 MP (f/2.4)..KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Bagian punggung Samsung Galaxy A04s dihuni oleh tiga buah kamera yang mencakup kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera depth 2 MP (f/2.4) dan kamera makro 2 MP (f/2.4)..

Apabila diperhatikan dengan seksama, setiap sudut di bagian punggung Samsung Galaxy A04s dihiasi oleh motif garis bergelombang.

Kendati demikian, smartphone ini terasa licin ketika digenggam lantaran motif yang menghiasi bagian punggungnya tidak timbul.

Oleh sebab itu, pengguna disarankan untuk rajin membersihkan bagian punggung smartphone, terutama ketika sudah terasa lengket dan berminyak.

Mari melihat lebih dekat setiap sisi dari Samsung Galaxy A04s.

Di sisi kanan smartphone, terdapat tombol pengatur volume dan satu buah tombol power yang merangkap sebagai pemindai sidik jari (fingerprint scanner).

Sementara di sisi kiri Samsung Galaxy A04s hanya dihuni oleh sebuah laci yang dapat menampung dua buah kartu SIM berukuran Nano dan sebuah kartu microSD dengan dukungan kapasitas hingga 1 TB.

Baca juga: Selisih Rp 700.000, Ini Beda Spesifikasi Samsung Galaxy A23 4G vs A23 5G di Indonesia

Beranjak ke bagian bawah, konsumen bisa menemukan port jack 3.55 mm yang diletakkan bersisian dengan port USB-C charger dan grille speaker.

Agar lebih jelas, silakan melihat galeri unboxing dan hands-on Samsung Galaxy A04s yang bisa disimak di tautan sebagai berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy A04s

Untuk mengetahui spesifikasi yang dimiliki Samsung Galaxy A04s, Anda bisa menyimak tabel spesifikasi di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A04s
Dimensi dan bobot 164,7 x 76,7 x 9,1 mm, 195 gram
Layar PLS LCD 6,5 inci, Infinity-V, resolusi HD Plus, refresh rate 90 Hz
Chipset Exynos 850 (8 nm)
CPU dan GPU CPU: octa-core, clockspeed sampai 2.0 GHz
GPU: MaliG52 MP1
RAM dan ruang penyimpanan RAM 4 GB/64 GB, RAM Plus sampai 4 GB
SIM dan microSD Dual SIM (Nano) + microSD (hingga 1 TB)
Kamera depan 5 MP (f/2.2)
Kamera belakang Kamera utama 50 MP (f/1.8)
Kamera kedalaman 2 MP (f/2.4)
Kamera makro 2 MP (f/2.4)
Sistem operasi Android 12, One UI Core 4.1
Baterai 5.000 mAh, fast charging 15 watt
Fitur lainnya WiFi dual band, Bluetooth 5.0, sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol daya, colokan audio 3,5 mm
Warna Copper, Green, Black
Harga Rp 2,1 juta

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.