Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal dan Cara Menonton PMPL SEA Fall 2022, Indonesia Kirim Empat Tim

Kompas.com - 28/09/2022, 13:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kompetisi e-sports PUBG Mobile Pro League Southeast Asia (PMPL SEA) Championship Fall 2022 digelar mulai hari ini, Rabu (28/9/2022). Kompetisi ini akan berlangsung selama satu bulan hingga 23 Oktober mendatang.

Dalam ajang tersebut, ada 20 tim PUBG Mobile terbaik di Asia Tenggara yang bakal unjuk gigi dan beradu kemampuan untuk menjadi yang terbaik, demi memperebutkan piala PMPL SEA Fall 2022 dan total hadiah senilai Rp 3 miliar.

Selain itu, lima tim teratas juga memiliki kesempatan mengikuti kompetisi PUBG Mobile skala global, yaitu PUBG Mobile Global Championship (PMGC) 2022 yang rencananya bakal digelar pada November 2022 mendatang.

Baca juga: Update PUBG Mobile Bawa Peta Nusa, Terinspirasi dari Pulau Bali

Nah, dari 20 tim tersebut, Indonesia memiliki empat perwakilan tim yaitu Genesis Dogma GIDS, Alter Ego Limax, Boom Esports, dan NFT Esports.

Keempat tim ini mengikutin ajang PMPL SEA Fall 2022 karena merupakan empat tim teratas di klasemen akhir turnamen lokal PUBG Mobile Pro League Indonesia (PMPL ID) Fall 2022.

Nantinya, mereka akan dibagi menjadi empat grup yang berbeda, dan tentunya akan berkompetisi dengan tim lainnya dari negara yang berbeda pula. Pembagian grup PMPL SEA 2022 adalah sebagai berikut:

  • Grup A: D’Xavier (Vietnam), 4Rivals (Malaysia), Buriram United Esports (Thailand), TEM Entertainment (Thailand)
  • Grup B: The Infinity (Thailand), BN United (Vietnam), Alter Ego LIMAX (Indonesia), Yoodo Alliance (Malaysia)
  • Grup C: Eagle Esports (Vietnam), FaZe Clan (Thailand), NFT Esports (Indonesia), SEM9 (Malaysia)
  • Grup D: Genesis Dogma GIDS (Indonesia), Don’t Break Dreams (Malaysia), Box Gaming (Vietnam), Vampire Esports (Thailand)
  • Grup E: Geek Fam (Malaysia), BOOM Esports (Indonesia), Bacon Time (Thailand), ShineLikeDiamond (Vietnam)

Format PMPL SEA Fall 2022

Ilustrasi Nimbus Island, pulau yang mengapung di udara yang muncul di PUBG Mobile 1.7.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi Nimbus Island, pulau yang mengapung di udara yang muncul di PUBG Mobile 1.7.
Sama seperti kompetisi PMPL SEA tahun sebelumnya, PMPL SEA Fall 2022 bakal dibuka dengan babak Liga yang akan digelar pada 28 September-16 Oktober 2022.

Babak ini digelar untuk menentukan 16 tim teratas yang akan melanjutkan perjalanan ke babak Finals, yang akan berlangsung pada 21-23 Oktober 2022.

Di babak Liga akan ada 5 pertandingan (match) per harinya. Pertandingan akan digelar dari Rabu hingga Minggu setiap pekan selama tiga minggu berturut-turut.

Secara berurutan, peta (map) yang dimainkan setiap harinya adalah Sanhok, Miramar, Miramar, Erangel, dan Erangel.

Nantinya, setiap grup akan mendapatkan giliran untuk memainkan 4 pertandingan per hari, atau total 20 pertandingan per minggu.

Sementara pada babak Finals, 16 tim teratas akan bertanding selama 3 hari, dengan memainkan 6 match per hari atau total 16 match dengan urutan map Sanhok, Miramar, Miramar, Erangel, Erangel, dan Erangel.

Nah, lima tim yang berhasil menduduki peringkat teratas di babak Finals akan mendapatkan slot untuk berkompetisi lebih lanjut di ajang PMGC 2022.

Baca juga: Tencent Blokir Ratusan Ribu Pemain PUBG Mobile gara-gara Curang

Game PUBG Mobileandroidauthority.com Game PUBG Mobile
Penentuan tim teratas sendiri akan mengusung mekanisme poin. Perhitungan poin nantinya bakal menggunakan sistem poin resmi PUBG Mobile yang berlaku pada turnamen-turnamen sebelumnya, yaitu 15 poin per WWCD dan 1 poin per eliminasi.

Seperti PMPL ID Fall 2022, turnamen ini juga akan menggunakan sistem "Weekly Bonus Points" dan "League Bonus Points", yang bakal diberikan kepada tim terbaik di tiap minggunya.

Jadwal dan Cara Nonton PMPL SEA Fall 2022

Seperti disebutkan di atas, babak Liga PMPL SEA Fall 2022 akan berlangsung setiap Rabu-Minggu selama 3 minggu berturut-turut pada. 

Pertandingan akan dimulai pada Rabu, 28 September 2022 hari ini, hingga Minggu, 16 Oktober 2022 mendatang. Tiap harinya, pertandingan akan dimulai pukul 16.00 WIB hingga selesai.

Untuk menyaksikan siaran langsung (live stream) kompetisi ini, penggemar PUBG Mobile bisa langsung mengunjungi kanal Facebook PUBG MOBILE Indonesia, YouTube PUBG MOBILE Indonesia, atau Vidio PUBG MOBILE Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com