Tencent Blokir Ratusan Ribu Pemain PUBG Mobile gara-gara Curang

Kompas.com - 17/09/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Tencent terus berupaya meningkatkan lingkungan game PUBG Mobile dengan cara menelusuri dan memberantas para pemain curang (cheater).

Laporan jumlah cheater yang mereka blokir, yang dijuluki "Ban Pan", lantas rutin dirilis secara berkala melalui media sosial resmi PUBG Mobile dengan handle @PUBGMOBILE.

Pada periode penelusuran 2-8 September lalu, Tencent mengeklaim pihaknya telah menemukan serta memblokir permanen lebih dari 450.000 akun PUBG Mobile yang ketahuan membuat curang di dalam game.

Baca juga: Tencent Disebut Bakal Akuisisi Black Shark demi Metaverse

Dari angka tersebut, 33 persen, alias terbanyak, merupakan akun dengan level atau tingkat "Bronze", dikuti dengan "Ace" (19 persen) dan "Silver" (18 persen) di posisi kedua dan ketiga.

Selain akun, Tencent juga turut memblokir permanen lebih dari 6.500 perangkat yang ketahuan dipakai untuk berbuat curang.

Menurut Tencent, kecurangan di periode 2-8 September ini mayoritas (46 persen) disebabkan oleh cheat X-Ray Vision yang, seperti namanya, memungkinkan pengguna melihat pemain lain meski mereka tengah bersembunyi di balik tembok atau obyek lainnya.

Baca juga: Update PUBG Mobile Bawa Peta Nusa, Terinspirasi dari Pulau Bali

Kecurangan lain yang bisa dibilang cukup banyak adalah cheat untuk membidik otomatis (auto aim) dan cheat untuk memperbesar bidikan supaya tembakan tidak meleset. Kedua cheat ini ditemukan di sekitar 21 persen akun yang diblokir Tencent tadi.

Di samping akun dan perangkat curang, Tencent juga turut menghapus sekitar 1.900 kanal online yang bisa dipakai pengguna untuk berdiskusi atau mencari sumber informasi untuk melakukan kecurangan di PUBG Mobile.

Kanal tersebut tersebar di grup Facebook, akun Instagram, serta video TikTok dan YouTube, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Twitter.com, Jumat (16/9/2022).

Berdasarkan laporan Tencent per 2-8 September, secara akumulasi, konten iklan grup online ini memiliki jumlah pengikut (followers) dan sudah dilihat sebanyak 13,6 juta kali.

Baca juga: Tim Vietnam Diblokir dari Kompetisi PUBG Mobile gara-gara Teaming, Apa Itu?

Tencent sejatinya bisa melakukan penelusuran terhadap konten online yang menyuguhkan kesempatan untuk pemain bermain curang.

Namun untuk mempermudah mereka, pengguna bisa membantu melaporkan beragam iklan atau grup online yang terpantau membagikan cheat PUBG Mobile melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Twitter


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.