Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Laptop Asus yang Dibawa ke Luar Angkasa, Lahirkan Space Edition

Kompas.com - 28/09/2022, 17:46 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Pada 1997 silam, salah satu laptop Asus model P6100 dipilih sebagai perangkat pendukung untuk misi di stasiun luar angkasa Rusia, MIR. Menurut Asus, laptop tersebut dipilih lantaran memiliki tingkat ketahanan yang kuat.

Bahkan, seorang kosmonaut asal Russia bernama Sergei Avdeev mengeklaim bahwa laptop ini mampu bertahan di lingkungan gravitasi mikro yang penuh dengan radiasi kosmik, selama 600 hari tanpa adanya masalah.

Dalam durasi waktu yang sama, Avdeev juga menyebut Asus P6100 tidak pernah mengalami overheat, tidak seperti perangkat serupa yang dibuat produsen lain.

Berangkat dari laptop tersebut, Asus terus menelurkan berbagai inovasi di aspek ketahanan laptop, tentunya untuk membuat build quality laptop bikinan perusahaan asal Taiwan tersebut tetap tangguh seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Laptop Asus Zenbook 14X Space Edition Resmi di Indonesia, Harga Rp 27 Juta

Nah, aspek ketahanan ini menjadi salah satu jual lini laptop Asus yang dijuluki "ZenBook".

Lantas, bagaimana inovasi-inovasi yang dihadirkan Asus di laptop lini ZenBook mereka selama beberapa tahun belakangan?

Asus Zenbook 14X Space Edition dengan prosesor Intel Core i9 Gen 12 resmi masuk Indonesia pada Kamis (15/9/2022). KOMPAS.com/Lely Maulida Asus Zenbook 14X Space Edition dengan prosesor Intel Core i9 Gen 12 resmi masuk Indonesia pada Kamis (15/9/2022).

Awal laptop ZenBook di 2011

Pada 2011 lalu, Asus meluncurkan laptop ZenBook model pertamanya, yaitu ZenBook UX31. Laptop ini hadir dengan konsep desain “Zen Garden” yang memiliki guratan melingkar.

Desain ini membuat laptop tersebut memenangkan dua penghargaan, yaitu "IF Design Award" dan "Good Design Award".

Baca juga: Laptop Asus TUF Gaming A15 Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 17 Jutaan

Dua tahun berikutnya alias pada 2013 lalu, Asus mencoba untuk membuat sebuah laptop tangguh yang dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 3 untuk pertama kalinya.

Laptop ini diberi nama ZenBook Pro, dan juga merupakan laptop pertama yang dibekali pengolah grafis (GPU) NVIDIA GeForce GTX, berikut layar 15,6 inci dengan resolusi 4K UHD.

Pada 2015 lalu, Asus meluncurkan ZenBook UX305, laptop yang hingga saat ini masih menjadi laptop ZenBook dengan jumlah penghargaan terbanyak.

Di antaranya seperti dua penghargaan yang didapat ZenBook UX31 pada 2011 lalu, serta penghargaan "Innovation Award" di ajang CES dan Taiwan Excellence.

Masuk ke produk konvertibel di 2016

Pada 2016, Asus mulai masuk ke pasar laptop konvertibel alias "2-in-1" melalui produk pertamanya, ZenBook UX360.

Sejak peluncuran tersebut, laptop lini ZenBook dengan desain convertible selalu hadir dengan pembaruan teknologi setiap tahunnya.

Selain ZenBook UX360, di tahun yang sama ASUS juga memperkenalkan ZenBook 3 (UX390) yang dibangun dari bodi berbahan “6013” aerospace-grade aluminium.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com