Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur WhatsApp Business Search Segera Meluncur, Indonesia Kebagian Lebih Awal

Kompas.com - 30/09/2022, 18:06 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) menyiapkan fitur baru untuk pengguna di Indonesia. Fitur ini disebut sebagai Business Search, yaitu fitur yang bisa memudahkan pengguna menemukan akun resmi perusahaan atau bisnis yang memakai layanan WhatsApp Business.

"Business Search memberikan cara yang mudah bagi orang-orang untuk menemukan bisnis berskala besar dan mendapatkan bantuan dengan cepat melalui WhatsApp,” kata Deepesh Trivedi, Direktur Business Messaging Meta APAC, dikutip dari keterangan yang diterima KompasTekno, Jumat (30/9/2022).

Menurut WhatsApp, Indonesia menjadi negara awal yang akan kebagian fitur Business Search dibanding negara-negara lain di dunia. Pasalnya, fitur ini akan tersedia bagi pengguna WhatsApp versi Android di Tanah Air mulai 10 Oktober mendatang.

Belum diketahui kapan fitur serupa akan dirilis ke pengguna iOS dan platform lainnya.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya WhatsApp Business dan WhatsApp Business Platform

Mudahkan pencarian akun bisnis berskala besar

Seperti dikatakan Trivedi, bisnis yang akan mudah ditemukan melalui fitur Business Search adalah bisnis yang berskala besar atau perusahaan-perusahaan ternama yang biasanya sudah memiliki akun bisnis terverifikasi. Adapun bisnis usaha kecil dan menengah (UMKM), belum didukung oleh fitur Business Search.

Selama ini, pengguna harus mengetahui nomor WA resmi perusahaan atau mengeklik tautan tertentu untuk mengirimkan pesan WhatsApp ke merek atau toko terkait. Di samping itu, perusahaan juga harus menginformasikan akun WhatsApp resmi mereka ke pelanggan melalui beragam saluran seperti media sosial atau situs web.

Dengan fitur Business Search, pengguna hanya perlu melakukan pencarian dengan mengetik nama bisnis/perusahaan terkait di kolom pencarian WhatsApp. Selanjutnya, pengguna bisa memilih akun bisnis merek atau toko yang dikehendaki, lalu memulai percakapan.

Baca juga: Ini Beda WhatsApp Business dan WhatsApp Cloud API

Fitur Business Search di WhatsAppWhatsApp Fitur Business Search di WhatsApp

Misalnya, ketik salah satu merek operator seluler yang sedang digunakan atau layanan perbankan pada kolom pencarian. Nantinya akan muncul hasil pencarian sesuai kata kunci yang dimasukkan. Lalu, pilih akun bisnis yang dikehendaki dan mulai percakapan.

Perlu dicatat bahwa akun WA perusahaan yang dimaksud, dalam hal ini adalah WhatsApp Business, biasanya memiliki lencana centang hijau pada nama akun. Hal itu menunjukkan bahwa akun tersebut resmi.

Adapun penggunaan fitur Business Search bisa dilakukan pengguna WhatsApp Business maupun WhatsApp "reguler".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com