Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Peringatan Akun TikTok "Account Warning" dan Cara Memperbaikinya

Kompas.com - 19/10/2022, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, beberapa pengguna tampak mengeluhkan munculnya peringatan “Account Warning” di akun TikTok mereka. Salah satu contohnya disampaikan oleh akun dengan handle @ladyharadaniwa di Twitter, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: 2 Link Kalkulator Kesehatan Mental Online yang Tengah Ramai di TikTok

Dalam bahasa Indonesia, ia mengeluh telah mendapat peringatan akun TikTok yang dinilai muncul akibat konten buatannya. Pada twit itu, diketahui peringatan akun TikTok muncul dalam halaman profil pengguna.

Kemudian, keluhan mengenai peringatan akun TikTok juga dapat dilihat lewat twit yang diunggah oleh akun dengan handle @warnerrr di Twitter. Ia menyampaikan bila peringatan akun TikTok bisa muncul tanpa alasan yang jelas.

Pada cuplikan twit di atas, @warnerr mengaku peringatan akun TikTok telah muncul selama tujuh hari dan membuat jumlah penontonnya menurun. Selain dari dua akun itu, masih banyak lagi contoh keluhan pengguna yang bisa dijumpai soal masalah ini.

Dengan keluhan pengguna tersebut, lantas sebenarnya kenapa ada tulisan peringatan akun di TikTok? Untuk mengetahuinya, berikut adalah penjelasan mengenai apa itu peringatan akun TikTok yang perlu dipahami terlebih dahulu.

Baca juga: Aktivitas Browsing TikTok Disebut Bisa Dipantau, Begini Cara Cek Apakah Pengguna Terdampak atau Tidak

Apa itu peringatan akun TikTok?

Dikutip dari laman The Sun, peringatan akun TikTok “Account Warning” yang berada di halaman profil umumnya muncul dengan diikuti pesan seperti ini “Your account is at high risk of being restricted based on your violation history”.

Pesan tersebut berarti akun pengguna berpotensi tinggi untuk dibatasi lantaran ditemukan riwayat pelanggaran. Selanjutnya, ada pula pesan seperti ini “The next violation could result in being blocked from some features. Review our commented guidelines.”

Adapun arti dari pesan itu adalah pelanggaran berikutnya dapat menyebabkan akun pengguna tidak bisa mengakses beberapa fitur. Dengan pesan-pesan itu, bila muncul “Account Warning” secara mudah artinya akun TikTok berisiko untuk dinonaktifkan (banned).

Peringatan akun TikTok muncul sebagai tanda bahwa pengguna dinilai melanggar panduan komunitas (Community Guidelines). Misalnya, pengguna mungkin telah membuat dan mengunggah konten video yang berbau kekerasan.

Pelanggaran panduan komunitas itulah yang jadi penyebab peringatan akun TikTok muncul di halaman profil. Berdasar penyebab peringatan akun TikTok muncul tersebut, lantas bagaimana cara memperbaikinya?

Untuk cara memperbaiki peringatan akun TikTok, silakan simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara memperbaiki peringatan akun TikTok

Dikutip dari laman Wealth Quint, saat muncul peringatan akun TikTok, terdapat dua langkah yang bisa dilakukan pengguna. Adapun dua langkah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Menunggu untuk beberapa waktu tanpa melakukan pelanggaran pada panduan komunitas. Apabila pengguna tidak melakukan pelanggaran secara berlanjut maka peringatan akun TikTok bakal dihapus secara otomatis.
  • Seandainya merasa tidak melakukan pelanggaran, tapi mendapatkan pemberitahuan peringatan akun TikTok, pengguna bisa menyampaikan aduan ke pihak TikTok secara langsung lewat tautan ini.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar TikTok Affiliate untuk Tambah Penghasilan

Demikianlah penjelasan seputar peringatan akun TikTok yang belakangan cukup banyak dikeluhkan pengguna, berikut dengan cara memperbaikinya, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com