Apa Itu Handsfree yang Ramai Dibicarakan dan Bedanya dengan Headset, Earphone, serta Headphone?

Kompas.com - 01/11/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Perangkat Handsfree kini tampaknya tengah ramai dibicarakan di Indonesia. Pencarian penjelasan mengenai perangkat handsfree di Google Search terpantau naik cukup pesat pada hari ini, Selasa (1/11/2022).

Pencarian tersebut naik diketahui berbarengan dengan proses persidangan kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dengan terdakwa Richard Eliezer atau Bharada E, yang diselenggarakan pada Senin kemarin (31/10/20222).

Baca juga: Apa itu Website Sound of Text yang Ramai Dicari Pengguna WA?

Dalam persidangan kali itu, Jaksa Penuntut Umum menanyakan ke saksi bernama Susi, asisten rumah tangga Ferdy Sambo, apakah tengah memakai Handsfree atau tidak. Sejak itulah, Handsfree jadi ramai dicari di Google Search hingga saat ini.

Sebagian orang mungkin belum mengetahui apa itu Handsfree, sehingga ramai dicari penjelasannya di Google Search. Oleh karena itu, berikut KompasTekno rangkumkan penjelasan mengenai perangkat Handsfree.

Pengertian Handsfree

Ilustrasi Handsfree.Unsplash/Sajad Nori Ilustrasi Handsfree.

Secara konsep, Handsfree adalah perangkat audio untuk komunikasi tanpa harus menggunakan tangan, seperti namanya. Untuk mendukung komunikasi tanpa menggunakan tangan itu, Handsfree mengandalkan teknologi nirkabel atau wireless.

Umumnya, Handsfree menggunakan koneksi bluetooth dalam menyambungkan audio dari perangkat lain seperti ponsel, komputer, laptop. Lewat koneksi bluetooth, handsfree dapat dipakai untuk berkomunikasi tanpa harus dekat dengan perangkat tersebut.

Pengguna bisa mendengarkan musik atau telepon secara jarak jauh dari perangkat-perangkat itu dengan menggunakan Handsfree. Dikutip dari Techopedia, Handsfree bisa juga dipakai buat mengirim perintah suara untuk menjalankan perangkat pintar.

Dalam sebuah Handsfree, biasanya terdapat microphone dan speaker yang terletak dalam satu batang. Handsfree dapat tersedia dalam satu batang saja (untuk telinga kanan atau kiri) atau dua batang sekaligus (telinga kanan dan kiri).

Perbedaan Handsfree, Earphone, Headset, dan Headphone

Selain Handsfree, sebetulnya terdapat beberapa jenis perangkat audio yang memiliki fungsi hampir mirip, seperti Earphone, Headset, dan Headphone. Kendati fungsinya hampir sama, namun terdapat perbedaan yang perlu diketahui.

Baca juga: Perbedaan Komponen Hardware, Software, dan Brainware dalam Komputer

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.