Kompas.com - 10/11/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Apple kembali merilis pembaruan iOS 16.1.1 dan iPadOS 16.1.1 ke seluruh pengguna iPhone dan iPad. Berdasarkan laporan dari laman resmi Apple.com, pembaruan tersebut dilakukan untuk memperbaiki masalah yang terjadi di iOS 16.1.

Kendati begitu, perusahaan tidak merinci permasalahan apa yang terjadi di iOS 16.1. Sehingga tidak diketahui rincian dan detall spesifik terkait masalah apa yang diperbaiki.

Apple hanya menuliskan bahwa “pembaruan yang dilakukan termasuk perbaikan bug dan pembaruan keamanan”, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Kamis (10/11/2022).

“Untuk melindungi pelanggan kami, Apple tidak mengungkapkan, mendiskusikan, atau mengonfirmasi masalah keamanan hingga penyelidikan ttelah dilakukan dan patch atau rilis tersedia,” tulis Apple.com.

Baca juga: Begini Cara Update ke iOS 16 di iPhone

Bila merujuk pada keluhan sejumlah pengguna pengguna, terdapat masalah (bug) pada jaringan Wi-FI perangkat. Bug tersebut menyebabkan pengguna tidak dapat terkoneksi dengan jaringan yang ada dan mengalami pemutusan jaringan secara acak.

Pembaruan dari iOS 16.1.1 dan iPadOS 16.1.1 sudah tersedia dan dapat diunduh melalui Settings (Pengaturan). Lalu, pilih “General” (Umum), dan klik “Update Software” (Pembaruan perangkat lunak).

Pembaruan versi terbaru ini tersedia untuk iPhone 8 dan versi yang lebih baru, seluruh model iPad Pro, iPad Air generasi ketiga dan versi yang lebih baru, iPad gen-5 dan versi lebih baru, dan iPad mini generasi kelima.

Baca juga: iOS 16.1 Sudah Bisa Diunduh, Jawab Kritikan Persentase Daya Baterai

Beberapa waktu belakangan ini, Apple cukup rajin merilis pembaruan untuk iOS 16 bikinannya. Pembaruan iOS 16.1 baru saja diluncurkan sekitar dua minggu lalu, kemudian perusahaan kembali melakukan pembaruan iOS 16.1.1 karena terdapat sejumlah masalah.

Kendati begitu, iOS 16.1.1 nantinya akan diikuti oleh pembaruan iOS 16.2. Saat ini, iOS 16.2 sedang dalam tahap uji coba dan dirilis untuk beberapa pengguna beta.

Pembaruan sistem operasi ini diprediksi akan meluncur pada Desember mendatang. Konon, iOS 16.2 akan menghadirkan beberapa aplikasi baru yang bernama Freedom dan aplikasi arsitektur Home, serta beberapa fitur baru lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MacRumors


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.