Kompas.com - 10/11/2022, 14:01 WIB

KOMPAS.com - Jumlah pelanggan YouTube Music dan YouTube Premium mengalami kenaikan. YouTube mengatakan bahwa pengguna YouTube Premium dan Music tembus 80 juta pengguna.

Angka tersebut naik signifikan dari tahun 2021 lalu. Pada September 2021 jumlah pelanggan YouTube Music dan Premium tercatat sebanyak 50 juta pelanggan. Artinya ada kenaikan 30 juta pelanggan sepanjang 2022 ini.

Lonjakan kenaikan itu diduga karena pengguna lebih memilih platform yang menawarkan lebih dari satu layanan dan fasilitas di dalam satu aplikasi.

Pelanggan YouTube Premium bisa mendapat sejumlah keuntungan, termasuk video bebas iklan, pemutaran di latar belakang, dan unduhan offline.

Selain itu, paket langganan YouTube Premium juga sudah termasuk paket ke YouTube Music dan YouTube Kids.

Sementara pelanggan YouTube Music hanya mendapat keuntungan bebas iklan saat mendengar musik, unduhan offline, dan pemutaran di latar belakang.

Pertumbuhan YouTube Music dan Premium ini juga lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Berdasakan laporan 2021, YouTube “hanya” menambah 20 juta pengguna barunya dalam satu tahun.

Baca juga: YouTube PrimeTime Gabungkan Layanan Streaming Lain, Netflix Tak Diajak

Dirangkum KompasTekno dari Variety, Kamis (10/11/2022) faktor lain yang mendorong pertumbuhan jumlah pelanggan YouTube Music dan Premium juga tidak luput dari kondisi industri musik.

Selain memiliki sejumlah pencipta dan musisi yang unggul, perusahaan juga berupaya untuk menjadi mitra bisnis pada musisi.

Perusahaan telah menggelontorkan uang sebanyak 50 milliar dollar AS (Rp 783,6 triliun) kepada pencipta, artis, dan perusahaan media selama tiga tahun terakhir.

Halaman:
Sumber Variety


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.