Kompas.com - 14/11/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Salah satu ponsel terbaru Oppo di Indonesia, yaitu Oppo A77s memiliki sejumlah fitur baru yang tidak ada di ponsel Oppo A Series lainnya. Salah satunya adalah fitur "penambah RAM" alias RAM Expansion yang mencapai 8 GB.

Seperti diketahui, ponsel Oppo A Series sebelumnya, seperti Oppo A57 dan A96, hanya memiliki fitur RAM Expansion sebesar 4-5 GB. Ini artinya Oppo A77s merupakan perangkat Oppo A Series pertama di Indonesia yang mendukung fitur RAM Expansion mencapai 8 GB.

Berbicara soal RAM Expansion, fitur ini berguna untuk mengalokasikan sebagian media penyimpanan sebagai RAM virtual untuk menyimpan aplikasi yang berjalan namun tidak sedang digunakan.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur RAM Expansion di Oppo A74

Dengan begitu, aplikasi-aplikasi tadi akan bisa kembali dibuka dengan cepat, sehingga tidak membebani RAM "asli" yang biasanya membutuhkan proses untuk membuka aplikasi-aplikasi tersebut.

Mudahnya, RAM Expansion memiliki cara kerja mirip fitur virtual memory di komputer yang bisa dialokasikan untuk program-program berjalan.

Nah, dengan RAM Expansion, pengguna Oppo A77s bisa mengalokasikan hingga 8 GB dari media internal sebagai RAM virtual, sebagai tambahan untuk kapasitas RAM sebenarnya yang sebesar 8 GB.

Sehingga, kapasitas RAM secara teori bisa mencapai 16 GB, namun secara fisik tetap 8 GB lantaran RAM di smartphone tidak bisa ditambah karena sudah disolder ke mainboard.

Cara menambah RAM

Cara menambahkan RAM pada ponsel Oppo A74KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menambahkan RAM pada ponsel Oppo A74

Untuk menambah RAM, buka menu "Settings", pilih opsi "About Phone", dan klik "RAM".

Fitur RAM Expansion sendiri berjalan secara otomatis sesuai dengan beban yang diterima hardware ponsel. Namun, pengguna bisa menentukan besar RAM Expansion yang bisa dialokasikan melalui menu pengaturan ponsel. 

Baca juga: Membandingkan Oppo A77s Vs Oppo A76, Apa Saja Peningkatannya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.