Kompas.com - 24/11/2022, 11:28 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Platform streaming Twitch baru-baru ini memperbarui kebijakan atau regulasi penggunaan platform mereka.

Dalam kebijakan terbaru itu, disebutkan bahwa akun Twitch yang terdeteksi dimiliki oleh pengguna berusia di bawah 13 tahun, akan langsung diblokir.

Selain itu, Twitch juga tidak akan mengizinkan mereka yang sudah terblokir untuk membuat akun baru di platform tersebut.

Menurut Twitch, kebijakan baru ini dibuat untuk mencegah para predator anak melihat konten-konten anak kecil di Twitch.

Kebijakan ini juga diterapkan demi mengurangi kasus yang melibatkan pedofilia, alias kelainan seksual yang menjadikan anak-anak sebagai obyek seksual, di platform streaming tersebut.

Baca juga: Kabar Buruk dari Twitch, Bagi Hasil untuk Streamer Diturunkan Jadi 50:50

Selain memblokir akun pengguna yang berumur di bawah 13 tahun, Twitch juga bakal menerapkan sistem verifikasi baru melalui smartphone.

Verifikasi ponsel ini diterapkan sebagai salah satu syarat wajib yang perlu dipenuhi seorang pengguna ketika mereka hendak melakukan siaran langsung (livestream).

Dengan begitu, Twitch bisa mengetahui apakah orang tersebut merupakan pengguna di bawah 13 tahun atau bukan.

Di samping mendeteksi, memblokir, dan melakukan verifikasi, Twitch juga bakal memperkuat sistem pelaporan dan moderasi konten yang beredar di platform mereka menggunakan para ahli dan teknologi terkini.

Hal ini tentunya untuk merespons dengan cepat berbagai laporan yang masuk terkait akun yang dimiliki oleh pengguna di bawah 13 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber PC Gamer


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.