Kompas.com - 24/11/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan teknologi besar macam Microsoft, Meta, hingga Twitter belakangan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) alias layoff kepada ribuan karyawannya.

Kini, perusahaan komputer dan periferal komputer Hewlett-Packard alias HP Inc. (HP) bakal mengikuti jejak yang sama. Hal ini diumumkan secara resmi oleh HP ketika mereka mengumumkan hasil laporan keuangan kuartal-IV 2022.

Menurut HP, mereka bakal memangkas sekitar 4.000-6.000 karyawan atau setidaknya 8-12 persen dari total karyawan global HP yang berjumlah sekitar 51.000 orang.

Baca juga: 5 Fakta PHK Massal Induk Facebook, dari Salah Strategi hingga Pesangon Karyawan Terdampak

Meski demikian, PHK karyawan ini tak terjadi efektif pada bulan ini atau pada tahun fiskal 2022, melainkan akan dilakukan secara bertahap hingga tahun fiskal 2025 mendatang.

Belum diketahui karyawan di divisi mana saja yang akan terdampak PHK ini, begitu juga wilayah mana saja yang bakal menjadi fokus PHK yang dilakukan HP.

Namun yang jelas, Presiden dan CEO HP Enqurie Lores mengatakan bahwa langkah PHK karyawan ini harus dilakukan HP demi menghemat biaya dan pengeluaran perusahaan, serta meningkatkan bisnis HP di masa depan.

Adapun PHK karyawan merupakan salah satu strategi jangka panjang pengembangan bisnis HP yang bernama "Future Ready Transformation Plan".

Lores mengatakan bahwa strategi tersebut meliputi penghematan biaya struktural secara signifikan melalui transformasi digital, optimalisasi dan penyederhanaan portofolio produk, serta efisiensi biaya operasional perusahaan.

Adapun langkah PHK karyawan tadi termasuk ke dalam strategi untuk meningkatkan efisiensi biaya operasional perusahaan di masa depan.

Bisnis yang turun

Hewlett-Packard (HP)Reuters Hewlett-Packard (HP)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.