Kompas.com - 25/11/2022, 10:01 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Apple dikabarkan tertarik membeli klub sepak bola asal Inggris, Manchester United (MU). Informasi tersebut diungkap oleh kantor berita asal Inggris Daily Star.

Menurut laporan Daily Star, Apple konon rela membayar 6,9 miliar dollar AS (sekitar Rp 107,9 triliun) untuk meminang klub sepak bola yang dimiliki oleh keluarga Glazer (The Glazers), yang meliputi Avram Glazer dan Joel Glazer, tersebut.

Disebutkan bahwa alasan CEO Apple, Tim Cook, ingin membeli Manchester United adalah karena Apple ingin menelusuri beragam potensi bisnis di industri sepak bola, industri yang belum pernah sama sekali Apple lirik.

Untuk membantu proses akuisisi, Cook, yang disebut Daily Star sebagai "salah satu miliarder asal AS", kabarnya bakal berdiskusi dengan beberapa lembaga finansial terkait.

Baca juga: Petinggi Apple Tutup Akun Twitter di Tengah Kegaduhan Elon Musk

Belum bisa dipastikan apakah kabar ini benar atau tidak. Sebab, pihak Apple sendiri belum memberikan kabar apapun soal akuisisi Manchester United.

Namun apabila akurat, maka ini merupakan pertama kalinya Apple melebarkan sayapnya ke ranah sepak bola. Sebelumnya, mereka hanya menyelipkan konten-konten terkait sepak bola di program serial eksklusif yang tayang di Apple TV, Ted Lasso.

Apple sebelumnya bekerja sama untuk penayangan siaran sepak bola liga Amerika Serikat Major Soccer League (MLS) bagi pelanggan Apple TV Plus.

Terkait penjualan Manchester United, The Glazer belakangan memang berniat menjual klub sepak bola yang mereka beli pada 2005 itu, pasca banyak penggemar MU yang meminta The Glazer keluar dari manajemen MU karena penanganan finansial yang buruk.

Awalnya, The Glazers berniat menjual klub sepak bola itu senilai 9,9 miliar dolar AS (sekitar Rp 154,9 triliun), namun, belakangan mereka berencana untuk melepas MU ke pembeli dengan harga tertinggi, boleh jadi Apple tadi.

Baca juga: Bisnis Baru Lionel Messi, Game Sepak Bola dan Jersey Bekas Pemain

Jika kabar ketertarikan Apple terhadap Manchester United benar, hal tersebut akan menghadirkan "angin segar" bagi klub sepak bola yang dilatih oleh Erik ten Hag ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DailyStar, Jumat (25/11/2022).

Sebab, Apple kabarnya bisa membantu mendanai pembangunan stadium baru atau renovasi markas MU, stadion Old Trafford, yang konon sudah mulai usang dan memerlukan proses revitalisasi yang tentunya akan memakan biaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.