Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memperbaiki Gangguan Koneksi Bluetooth Android

Kompas.com - 02/12/2022, 15:04 WIB

KOMPAS.com - Bluetooth sudah menjadi fitur yang wajib hadir di berbagai perangkat. Bluetooth kini tidak hanya digunakan untuk transfer data, melainkan juga digunakan untuk menyambungkan aksesoris seperti TWS ke ponsel.

Bluetooth memilki peranan yang penting dalam penggunaan perangkat cerdas. Melalui Bluetooth, pengguna bahkan bisa mengatur perangkat di rumah pintar secara nirkabel, dan masih banyak lagi.

Kendati memiliki fungsi yang beragam, terkadang konektivitas jaringan Bluetooth juga tidak terlepas dari masalah. Sebut saja koneksi Bluetooth yang gagal terkenoneksi, padahal saat itu Anda saat membutuhkannya untuk mentransfer data atau menggunakan perangkat penting.

Dilansir KompasTekno dari Slash Gear, Jumat (2/12/2022), ada sejumlah alasan dibalik Bluetooth perangkat yang gagal terkoneksi. Namun, tidak perlu khawatir karena ada cara mudah untuk memperbaikinya.

Berikut adalah cara untuk memperbaiki gangguan koneksi Bluetooth pada perangkat Android.

Baca juga: Qualcomm S5 Gen 2 dan S3 Gen 2 Diluncurkan, Platform Audio Bluetooth Generasi Kedua

1. Pastikan jarak kedua perangkat tidak berjauhan

Sebelum menghubungkan jaringan Bluetooth smartphone dengan perangkat yang ingin dituju, pastikan dua hal terlebih dahulu.

Pertama, perangkat yang ingin disambungkan dapat ditemukan atau tidak oleh ponsel. Kedua, apakah perangkat yang ingin disambungkan terlalu jauh atau tidak.

Cara menyambungkan koneksi Bluetooth smartphone ke perangkat yang ingin dituju (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Cara menyambungkan koneksi Bluetooth smartphone ke perangkat yang ingin dituju (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Cara mengatasinya adalah sebagai berikut.

  • Buka “Pengaturan Cepat” atau “Quick Settings” dengan menggulir layar dari atas ke bawah
  • Pastikan ikon Bluetooth sudah diaktifkan
  • Sentuh dan tahan (tap and hold) ikon Bluetooth untuk mengecek perangkat apa saja yang sebelumnya sudah pernah terkoneksi
  • Pilih “Pair New Device”, di sana Anda akan melihat perangkat yang ingin disambungkan pada kolom “Perangkat yang aktif” (Available devices)

Jika perangkat masih belum ditemukan, kemungkinan lainnya perangkat itu terlalu jauh dari smartphone sehingga Bluetooth tidak dapat mendeteksi keberadaan perangkat.

2. Restart Bluetooth di kedua perangkat

Solusi lain yang bisa ditawarkan adalah restart Bluetooth pada smartphone dan perangkat yang dituju.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.