Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian GUI, Cara Kerja, dan Contohnya

Kompas.com - 30/11/2022, 03:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Anda mungkin pernah mendengar istilah antarmuka ketika menjalankan sebuah ponsel, komputer atau perangkat elektronik lainnya.

Antarmuka adalah hubungan atau batasan umum antara dua unit atau alat. Terdapat berbagai jenis antarmuka, salah satunya yakni antarmuka grafis atau yang disebut sebagai Graphical User Interface (GUI).

Lantas apa itu GUI? Selengkapnya KompasTekno akan menjelaskan lebih lanjut mengenai definisi, cara kerja, dan contoh-contoh GUI.

Baca juga: Perbedaan Sistem Operasi dan Aplikasi Komputer yang Perlu Diketahui

Pengertian GUI

Graphical User Interface atau antarmuka grafis merupakan sistem komponen visual interaktif yang digunakan dalam perangkat lunak komputer, smartphone, dan berbagai perangkat elektronik lainnya.

GUI menampilkan objek yang menyampaikan informasi dan mewakili tindakan yang dapat diambil oleh pengguna. Objek-objek tersebut berubah warna, ukuran, atau visibilitas saat pengguna melakukan interaksi seperti mengkliknya.

GUI pertama kali dikembangkan pada 1981 oleh Alan Kay, Douglas Engelbart, dan sekelompok peneliti lainnya di Xerox PARC. Kemudian pada 1983, Apple memperkenalkan komputer Lisa yang menggunakan GUI.

Cara Kerja GUI

GUI direpresentasikan menggunakan beberapa gambar yang disebut sebagai elemen GUI. Dengan elemen-elemen seperti Window, icon, dan menu, komputer dapat menjalankan perintah seperti membuka, menghapus, dan memindahkan file.

Sistem operasi GUI tidak hanya bisa dijalankan menggunakan mouse, akan tetapi juga bisa dijalankan menggunakan pintasan keyboard.

Misalnya jika Anda ingin menampilkan Window dalam laptop, maka dengan memencet pintasan keyboard yang memiliki logo Window, Anda bisa menampilkan Window tanpa menggunakan mouse.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Perangkat Periferal Komputer

Contoh GUI

Terdapat beberapa elemen GUI yang dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat lunak. Berikut beberapa contoh GUI.

Button

Button atau tombol yang dimaksud di sini adalah pintasan keyboard. Beberapa pintasan keyboard dapat digunakan untuk berinteraksi dengan perangkat lunak. Beberapa dapat digunakan secara mandiri dan beberapa lainnya digunakan dengan kombinasi.

Seperti kombinasi ctrl+c adalah pintasan yang digunakan untuk menyalin. Akan tetapi kombinasi tersebut tidak berlaku pada MacOS.

Dialog Box

Dialog box adalah jenis window yang menampilkan informasi tambahan dan meminta input dari pengguna. Opsi pilihan yang biasanya ditampilkan dalam dialog box adalah cut, copy, view, open, dan lain sebagainya.

Icon

Ikon adalah gambar grafis kecil dari suatu program, fitur, atau file. Ikon memungkinkan pengguna untuk mengenali sebuah fitur, program, atau file. Dengan begitu, pengguna tidak akan salah dalam melakukan interaksi dengan perangkat lunak.

Menu

Menu adalah daftar perintah atau pilihan yang ditawarkan kepada pengguna melalui bilah menu. Menu terdiri dari berbagai icon program.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com