Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian GUI, Cara Kerja, dan Contohnya

Kompas.com - 30/11/2022, 03:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Anda mungkin pernah mendengar istilah antarmuka ketika menjalankan sebuah ponsel, komputer atau perangkat elektronik lainnya.

Antarmuka adalah hubungan atau batasan umum antara dua unit atau alat. Terdapat berbagai jenis antarmuka, salah satunya yakni antarmuka grafis atau yang disebut sebagai Graphical User Interface (GUI).

Lantas apa itu GUI? Selengkapnya KompasTekno akan menjelaskan lebih lanjut mengenai definisi, cara kerja, dan contoh-contoh GUI.

Baca juga: Perbedaan Sistem Operasi dan Aplikasi Komputer yang Perlu Diketahui

Pengertian GUI

Graphical User Interface atau antarmuka grafis merupakan sistem komponen visual interaktif yang digunakan dalam perangkat lunak komputer, smartphone, dan berbagai perangkat elektronik lainnya.

GUI menampilkan objek yang menyampaikan informasi dan mewakili tindakan yang dapat diambil oleh pengguna. Objek-objek tersebut berubah warna, ukuran, atau visibilitas saat pengguna melakukan interaksi seperti mengkliknya.

GUI pertama kali dikembangkan pada 1981 oleh Alan Kay, Douglas Engelbart, dan sekelompok peneliti lainnya di Xerox PARC. Kemudian pada 1983, Apple memperkenalkan komputer Lisa yang menggunakan GUI.

Cara Kerja GUI

GUI direpresentasikan menggunakan beberapa gambar yang disebut sebagai elemen GUI. Dengan elemen-elemen seperti Window, icon, dan menu, komputer dapat menjalankan perintah seperti membuka, menghapus, dan memindahkan file.

Sistem operasi GUI tidak hanya bisa dijalankan menggunakan mouse, akan tetapi juga bisa dijalankan menggunakan pintasan keyboard.

Misalnya jika Anda ingin menampilkan Window dalam laptop, maka dengan memencet pintasan keyboard yang memiliki logo Window, Anda bisa menampilkan Window tanpa menggunakan mouse.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Perangkat Periferal Komputer

Contoh GUI

Terdapat beberapa elemen GUI yang dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat lunak. Berikut beberapa contoh GUI.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.