Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Opensignal: Kecepatan 5G di Indonesia 4 Kali Lebih Ngebut dari WiFi

Kompas.com - 05/12/2022, 14:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber OpenSignal

KOMPAS.com - Usia jaringan generasi kelima atau 5G di Indonesia masih sangat muda. Meski 5G belum lama hadir di Tanah Air dan penetrasinya masih rendah, riset menunjukkan bahwa kecepatannya paling unggul dibanding jaringan lainnya.

Lembaga riset Opensignal melaporkan bahwa kecepatan unduh (download) rata-rata 5G di Indonesia mencapai 54,6 Mbps, nyaris 4 kali lebih cepat dibanding WiFi. Pasalnya, rata-rata kecepatan unduh yang ditawarkan 4G adalah 17 Mbps dan WiFi 14,6 Mbps.

Angka tersebut berasal dari data yang dihimpun pada 1 Agustus - 29 Oktober 2022 di Indonesia. Menurut OpenSignal, jaringan 5G unggul jauh dalam kecepatan unggah (upload) dibanding 4G maupun WiFi.

Rata-rata kecepatan upload 5G adalah 19,6 Mbps, 3,1 kali lebih cepat dibanding WiFi dan 2,5 kali lebih cepat dari 4G.

Kecepatan upload rata-rata 4G adalah 7,7 Mbps, sementara kecepatan upload WiFi rata-rata 6,3 Mbps.

Baca juga: Rekor Baru Kecepatan Rata-rata Internet 5G, 1,75 Gbps

Rata-rata kecepatan download 4G, 5G dan WiFi di IndonesiaOpenSignal Rata-rata kecepatan download 4G, 5G dan WiFi di Indonesia
"Riset terbaru OpenSignal menunjukkan bahwa di Indonesia, 4G masih memiliki keunggulan dibanding WiFi, baik WiFi publik maupun swasta. Namun, 5G memberikan pengalaman yang jauh lebih baik dibanding 4G dan WiFi," kata Hardik Khatri, analis OpenSignal dikutip KompasTekno dari situs resmi OpenSignal, Senin (5/12/2022).

Streaming dan main game lebih baik

Laporan OpenSignal juga menunjukkan bahwa pengguna smartphone di Indonesia mendapatkan pengalaman yang jauh lebih baik ketika streaming video melalui jaringan 5G dibanding 4G maupun WiFi.

Pada aspek pengalaman video streaming, OpenSignal mengkategorikannya dalam 5 kategori, meliputi Istimewa (75-100 poin), Sangat baik (65-75), Baik (55-65), Cukup (40-55), dan Kurang (di bawah 40 poin).

Di Indonesia, skor pengalaman streaming video yang ditawarkan jaringan 5G adalah 67,4 poin atau termasuk kategori Sangat baik.

Kategori ini menunjukkan bahwa 5G di Indonesia mampu mengakomodasi waktu loading video yang lebih cepat meskipun terkadang macet. 

Sementara jaringan 4G dan WiFi di Indonesia mendapat nilai Cukup dalam hal pengalaman streaming video. Pasalnya, waktu loading-nya lebih lama dan pengguna terkadang menemukan lebih banyak jeda ketika streaming video.

Beralih ke pengalaman game mobile khususnya game multiplayer di Indonesia. Pada aspek ini, OpenSignal mengategorikan pengalaman game pada empat kategori, antara lain Istimewa (85-lebih tinggi), Baik (75-85), Cukup (65-75), dan Kurang (40-65)

Menurut laporan OpenSignal, pengalaman game yang ditawarkan WiFi ternyata lebih baik dibanding 4G karena skornya 68,3 poin. Kendati demikian, 5G masih lebih unggul dibanding jaringan lainnya karena menuai skor pengalaman gaming 77,3 poin.

Baca juga: Internet Starlink Tembus 350 Mbps di Dalam Pesawat

Skor pengalaman game yang diakses dari jaringan 4G, 5G dan WiFi di IndonesiaOpenSignal Skor pengalaman game yang diakses dari jaringan 4G, 5G dan WiFi di Indonesia
Kategori Baik dalam pengalaman main game dalam riset ini, menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna merasakan pengalaman yang cukup nyaman dan kendala yang masih bisa ditoleransi.

Pengalaman gameplay dalam kategori ini umumnya bisa dikendalikan dan respons antara perintah pengguna dengan tindakan dalam game juga cukup cepat.

Halaman:
Sumber OpenSignal
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com