Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Opensignal: Kecepatan 5G di Indonesia 4 Kali Lebih Ngebut dari WiFi

Kompas.com - 05/12/2022, 14:01 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Usia jaringan generasi kelima atau 5G di Indonesia masih sangat muda. Meski 5G belum lama hadir di Tanah Air dan penetrasinya masih rendah, riset menunjukkan bahwa kecepatannya paling unggul dibanding jaringan lainnya.

Lembaga riset Opensignal melaporkan bahwa kecepatan unduh (download) rata-rata 5G di Indonesia mencapai 54,6 Mbps, nyaris 4 kali lebih cepat dibanding WiFi. Pasalnya, rata-rata kecepatan unduh yang ditawarkan 4G adalah 17 Mbps dan WiFi 14,6 Mbps.

Angka tersebut berasal dari data yang dihimpun pada 1 Agustus - 29 Oktober 2022 di Indonesia. Menurut OpenSignal, jaringan 5G unggul jauh dalam kecepatan unggah (upload) dibanding 4G maupun WiFi.

Rata-rata kecepatan upload 5G adalah 19,6 Mbps, 3,1 kali lebih cepat dibanding WiFi dan 2,5 kali lebih cepat dari 4G.

Kecepatan upload rata-rata 4G adalah 7,7 Mbps, sementara kecepatan upload WiFi rata-rata 6,3 Mbps.

Baca juga: Rekor Baru Kecepatan Rata-rata Internet 5G, 1,75 Gbps

Rata-rata kecepatan download 4G, 5G dan WiFi di IndonesiaOpenSignal Rata-rata kecepatan download 4G, 5G dan WiFi di Indonesia
"Riset terbaru OpenSignal menunjukkan bahwa di Indonesia, 4G masih memiliki keunggulan dibanding WiFi, baik WiFi publik maupun swasta. Namun, 5G memberikan pengalaman yang jauh lebih baik dibanding 4G dan WiFi," kata Hardik Khatri, analis OpenSignal dikutip KompasTekno dari situs resmi OpenSignal, Senin (5/12/2022).

Streaming dan main game lebih baik

Laporan OpenSignal juga menunjukkan bahwa pengguna smartphone di Indonesia mendapatkan pengalaman yang jauh lebih baik ketika streaming video melalui jaringan 5G dibanding 4G maupun WiFi.

Pada aspek pengalaman video streaming, OpenSignal mengkategorikannya dalam 5 kategori, meliputi Istimewa (75-100 poin), Sangat baik (65-75), Baik (55-65), Cukup (40-55), dan Kurang (di bawah 40 poin).

Di Indonesia, skor pengalaman streaming video yang ditawarkan jaringan 5G adalah 67,4 poin atau termasuk kategori Sangat baik.

Kategori ini menunjukkan bahwa 5G di Indonesia mampu mengakomodasi waktu loading video yang lebih cepat meskipun terkadang macet. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber OpenSignal
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.