Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Komunikasi Satelit iPhone 14 Selamatkan Nyawa Orang Tersesat di Lokasi Terpencil

Kompas.com - 07/12/2022, 17:02 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Fitur komunikasi satelit yang hadir di iPhone 14, menyelamatkan nyawa seorang pria yang tersesat di wilayah Alaska, Amerika Serikat.

Pada 1 Desember dini hari waktu setempat, tim SAR menerima pesan darurat dari pria tersebut. Ia diketahui tengah melakukan perjalanan dari wilayah Noorvik ke Kotzebue dan tersesat.

Pria itu berada di lokasi terpencil dengan suhu dingin dan bersalju. Wilayah itu tidak terjangkau jaringan komunikasi. Alhasil ia mengaktifkan komunikasi satelit di iPhone 14 miliknya untuk mengirim pesan darurat.

Pesan itu berhasil terkirim kepada pihak berwenang. Tim SAR setempat pun bekerja sama dengan tim pusat tanggap darurat dari Apple untuk mencari pria tersebut.

Baca juga: iPhone 14 Punya Fitur Komunikasi Satelit untuk Keadaan Darurat, Bagaimana Cara Kerjanya?

Mereka mencari lokasi pria itu melalui koordinat GPS yang dikirim.

Pria tersebut berhasil diselamatkan. Dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Rabu (7/12/2022), koordinat GPS yang dikirim pria tersebut berlokasi cukup jauh dari area yang terjangkau komunikasi satelit.

Apple sendiri mengatakan bahwa fitur komunikasi satelit di iPhone 14 mereka mungkin saja tidak bisa bekerja dengan optimal di tempat-tempat di atas garis lintang 62 derajat.

Sementara koordinat lokasi tempat ditemukannya pria tersebut sudah mendekati garis lintang 69 derajat.

Bikin tim SAR terkesan

Akurasi koordinat yang dikirim melalui fitur komunikasi satelit iPhone 14 ini membuat tim penyelamat terkesan. Mereka juga terkesima dengan kelengkapan informasi yang disediakan.

Baca juga: iPhone 14 Bisa Kirim Pesan Darurat lewat Satelit, Begini Caranya

Sebagai informasi, saat pengguna iPhone 14 akan mengirim pesan darurat lewat komunikasi satelit, fitur ini akan mengajukan beberapa pertanyaan awal kepada pengguna tersebut.

Tujuannya untuk mempermudah proses pencarian bagi tim SAR.

Saat ini, fitur komunikasi satelit dari Apple tersedia di iOS 16 melalui pembaruan November lalu. Fitur ini masih bisa digunakan secara gratis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mac Rumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com