Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kreator Instagram Kini Bisa Tahu Kenapa Postingannya Tidak Viral

Kompas.com - 08/12/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Instagram semakin transaparan soal alasan merekomendasi atau menyembunyikan postingan milik akun profesional ke/dari orang lain di platformnya.

Dengan begitu, kreator konten bisa mengetahui kenapa postingannya tidak viral atau tidak banyak dilihat di Instagram.

Hal itu dimungkinkan karena Instagram telah melengkapi fitur "Account Status" (Status Akun) di akun Instagram bisnis dan kreator, dengan informasi soal kesesuaian konten dengan Pedoman Rekomendasi (Recommendation Guidelines) dan Pedoman Komunitas (Community Guidelines).

Dengan informasi ini, akun kreator konten dan bisnis bisa mengetahui apakah konten yang mereka posting layak untuk direkomendasikan Instagram ke orang lain bukan pengikutnya (non-follower) atau tidak.

Baca juga: Instagram Reels dan Stories Fitur yang Digemari Gen Z di Indonesia

Bila sesuai dengan Recommendation Guidelines dan Community Guidelines, pengguna akan melihat dua tanda centang hijau. Dengan ini, postingan kreator dikategorikan layak direkomendasikan lewat Explore, Reels, dan Feed ke orang lain yang tidak mengikuti akunnya.

Hal ini bakal membuat postingan lebih mudah viral, alias dilihat pengguna Instagram lainnya. Buntutnya, kreator bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan berpotensi menambah jumlah follower.

Instagram memperbarui Account Status, membuat kreator bisa mengetahui mengapa postingannya tidak direkomendasikan ke non-follower.Instagram Instagram memperbarui Account Status, membuat kreator bisa mengetahui mengapa postingannya tidak direkomendasikan ke non-follower.
Namun, bila postingan tidak memenuhi salah satu atau keduanya (Recommendation Guidelines dan Community Guidelines), bakal ada tanda silang merah.

Dalam kasus ini, postingan pengguna terhalang untuk direkomendasikan ke pengguna lain sehingga potensi untuk menjadi viral menjadi kecil.

Baca juga: Instagram Punya Fitur Schedule Post, Upload Konten Bisa Dijadwalkan

Namun, Instagram mengimbau kreator untuk tidak perlu khawatir. Sebab, Instagram bakal memberikan saran untuk mengedit postingan atau menghapus, lalu menguggah ulang postingan dengan perubahan menyesuaikan Recommendation Guidelines dan Community Guidelines.

Setelah itu, kreator bisa meminta Instagram untuk meninjau kembali postingannya apakah sudah layak untuk direkomendasikan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.