Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] "Rahasia" Bola Piala Dunia 2022 | Fitur Avatar WhatsApp Resmi | Ada yang Beda dari Tampilan Grup WhatsApp

Kompas.com - 08/12/2022, 06:43 WIB

KOMPAS.com - Apa persamaan smartphone dan bola Piala Dunia 2022 Qatar? Mungkin, belum banyak yang tahu, bahwa keduanya sama-sama harus diisi daya (charging).

Bola Piala Dunia 2022 ternyata harus dicas lebih dulu sebelum digunakan untuk bertanding. Mengapa demikian? Rupanya, cukup banyak pembaca KompasTekno yang penasaran. Berita ini pun menjadi salah satu yang populer dibaca di kanal KompasTekno.

Selain bola Piala Dunia 2022, topik lain soal fitur avatar WhatsApp yang akhirnya resmi dirilis di Indonesia juga cukup menyita perhatian.

Ada pula "Goblin Mode" yang menjadi kata pilihan Oxford 2022. Berikut rangkuman berita teknologi populer di KompasTekno sepanjang Rabu (7/12/2022).

Baca juga: [POPULER TEKNO] Misteri Kematian 3 Bos Kripto | Penampakan Ponsel Lipat Oppo Find N2 Flip | Adu Spesifikasi Xiaomi 12T Vs Xiaomi 11T

Teknologi di balik bola Piala Dunia 2022

Penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar menggunakan cukup banyak teknologi. Salah satunya tertanam di bola sepak yang dikembangkan oleh Adidas.

Bola yang diberi nama “Al Rihla” (artinya perjalanan dalam bahasa Arab) ini mengandalkan sistem Video Assistant Refree (VAR/Asisten Wasit Video), yang memberikan data secara akurat.

Misalnya, mendeteksi pergerakan dan dampak dari tiap tendangan serta sundulan bola di lapangan. Kemampuan mendeteksi tersebut dimungkinkan berkat sensor yang ada di dalam bola.

Sensor seberat 14 gram itu berfungsi sebagai sensor pelacakan secara real time saat bola digunakan. Karena itu, bola di Piala Dunia 2022 Qatar ini harus diisi daya dulu sebelum digunakan di lapangan.

Jadi, selain harus dipompa dengan angin, bola tersebut juga harus dicas layaknya smartphone.
Kira-kira, seberapa besar kapasitas baterainya? Jawabannya ada di artikel "Seperti Smartphone, Bola Piala Dunia Qatar Harus Dicas Sebelum Dipakai".

Fitur avatar WhatsApp resmi di Indonesia

Setelah diuji coba selama beberapa waktu terakhir, fitur "Avatar" WhatsApp akhirnya hadir secara resmi di Indonesia, Rabu (7/12/2022). Dengan fitur ini, pengguna bisa berkreasi membuat avatar mereka sendiri untuk dijadikan stiker maupun foto profil.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.