Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Blokir Link dan Akun Mastodon di Twitter

Kompas.com - 18/12/2022, 08:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Elon Musk dilaporkan memblokir tautan (link) menuju ke Mastodon yang ada di Twitter. Mastodon sendiri adalah jejaring sosial terdesentralisasi yang belakangan naik daun karena diserbu sejumlah pengguna yang migrasi dari Twitter.

Menurut laporan outlet media The Verge, ketika pengguna mengunggah twit berisi link ke server Mastodon, Twitter dilaporkan bakal mengidentifikasi link tersebut sebagai "potensi berbahaya".

Twitter saat ini memblokir tautan ke server asli mastodon.social dan lebih dari 10 domain server Mastodon lain yang diuji oleh The Verge.

Server dan domain yang dimaksud di sini adalah host Mastodon. Sebab, Mastodon adalah platform jejaring sosial terdesentralisasi, bukan platform jejaring sosial mandiri macam Twitter, Instagram, dan Facebook.

Mastodon memang dirancang lebih seperti layanan e-mail atau RSS, bukan media sosial pada umumnya.

Baca juga: Pengguna Twitter Ramai-ramai Migrasi ke Medsos Mastodon, Apa Itu?

Contoh nama server lainnya adalah Mstnd.social, Mastodon.Art, Toot.community, Scholar.social, dan lainnya.

Tiap-tiap pengguna bakal memiliki nama akun (username) mirip seperti alamat e-mail. Username bakal menyertakan nama pilihan sekaligus nama server tempat pengguna mendaftar.

Misalnya, username "janedoe@mastodon.social". Ini menandakan bahwa pemilik akun tersebut bernama janedoe, yang mendaftarkan lewat server Mastodon.social.

Menurut laporan The Verge, Twitter memblokir link ke server Mastodon setelah mereka juga memblokir akun pelacak jet Elon Musk dengan handle @ElonJet pada Kamis (15/12/2022). Akun tersebut terkenal karena memberikan informasi soal keberadaan jet pribadi Elon Musk, sang CEO Twitter.

Akun pelacak jet Elon Musk itu diketahui dimiliki oleh Jack Sweeney. Anak muda berusia 20 tahun itu juga kerap melacak perjalanan udara sejumlah publik figur.

Dalam sebuah twit, Elon Musk berkata bahwa akun apa pun yang menyebarkan informasi lokasi real-time orang lain akan ditangguhkan. Sebab, menurut Elon Musk, praktik itu merupakan pelanggaran keamanan.

Tak hanya link Mastodon yang diblokir, akun Twitter Mastodon juga di-suspend pada hari Kamis.

Tak diketahui secara pasti alasan di balik penangguhan tersebut. Namun, larangan tersebut terjadi segera setelah akun Mastodon men-tweet sebuah link ke halaman @ElonJet di Mastodon.

Baca juga: Twitter Rilis Fitur Community Notes untuk Tangkal Hoaks

Pantauan KompasTekno di Twitter, sejumlah pengguna juga tidak bisa menambahkan link Mastodon ke deskripsi profile Twitter miliknya.

Menurut tangkapan layar yang dibagikan akun @gcluley, ketika menambahkan link server Mastodon miliknya (@gcluley@mastodon.green), Twitter akan memberikan notifikasi "Account update failed: Description is considered malware" ("Pembaruan akun gagal: Deskripsi dianggap sebagai malware).

Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com