Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koreo Drone Saat Pesta Kembang Api Malam Tahun Baru Pecahkan Rekor

Kompas.com - 04/01/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Perayaan Tahun Baru, selalu identik dengan pesta kembang api. Hal itu pula yang dilakukan Ras Al-Khaimah, negara paling utara Uni Emirat Arab (UEA). Bukan sekadar pesta kembang api biasa, Ras Al-Khaimah juga menggunakan ratusan drone atau pesawat nirawak untuk membuat koreografi di atas langit yang bisa dilihat dari 30 titik.

Saking meriahnya, pertunjukan pesta kembang api dan drone ini memecahkan dua rekor Guinness World Records sekaligus. Rekor pertama adalah "Pengoperasian Drone/Multirotor Terbanyak Bersamaan dengan Pertunjukan Kembang Api", di mana ada 671 drone yang diterbangkan.

Rekor kedua adalah "Kalimat Terbesar yang Dibuat dengan Drone/Multirotor", di mana ada 673 drone yang dikerahkan untuk membuat koreografi tiga kata dan logo di atas langit.

Baca juga: Drone DJI Mini 3 Resmi Meluncur, Ini Harganya di Indonesia

Mulanya, drone-drone itu membentuk formasi angka hitung mundur sebelum pergantian tahun. Drone akan membentuk angka bewarna biru hingga berubah menjadi ucapan "Happy New Year 2023" berukuran besar di atas langit.

Ucapan itu bertahan selama beberapa menit, sebelum berganti menjadi kalimat “Ras Al-Khaimah NATURALLY MAGICAL”. Terakhir, drone-drone itu berubah formasi lagi dengan membentuk logo ikonik "RAKashida" dengan tulisan "Ras Al-Khaimah".

Logo itu merepresentasikan tiga elemen alam yang menjadi khas Ras Al-Khaimah, yakni laut, gurun, dan pegunungan.

“(Tagar yang diusung selama acara) #RAKNYE2023 telah mencetak dua rekor baru GUINESSS WORLD RECORDS. (Pertunjukkan) pyro-musical menampilkan lebih dari 670 drone, nano-light, warna dan berbagai macam bentuk yang dikoreografikan dengan beat elektrik,” begitu twit akun resmi pemerintah Ras Al-Khaimah di Instagram dengan handle @visitrasalkhaimah, Minggu (1/1/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Visit Ras Al Khaimah (@visitrasalkhaimah)

Dilansir KompasTekno dari Drone DJ, Rabu (4/1/2023), pertunjukkan tersebut berlangsung selama kurang lebih 12 menit yang diselenggarakan di tepi pantai sepanjang 4 kilometer dan ketinggian 1.100 meter.

Bagi yang penasaran, cuplika acara pertunjukkan tersebut bisa ditonton ulang melalui akun Instagram @visitrasalkhaimah ataupun kanal Youtube resmi “Ras Al Khaimah Tourism Development Authority”.

Baca juga: Drone DJI Mavic 3 Classic Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Dari pantauan KompasTekno, video yang diunggah di Youtube sudah ditonton oleh lebih dari 34.000 penonton. Kembang api yang ditampilkan juga tampak sangat meriah dan mewah.

Pertunjukkan kembang api di Ras al-Khaimah, Uni Emirates Arab (UEA), yang diselenggarakan 1 Januari 2023 di sepanjang jalan pantai sejauh 4 kilometerKhaleej Times Pertunjukkan kembang api di Ras al-Khaimah, Uni Emirates Arab (UEA), yang diselenggarakan 1 Januari 2023 di sepanjang jalan pantai sejauh 4 kilometer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Drone DJ


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.