Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Baterai iPhone Tidak Mengisi saat Dicas? Begini 5 Cara Mengatasinya

Kompas.com - 06/01/2023, 14:32 WIB

KOMPAS.com - Salah satu kendala yang cukup umum dijumpai pada iPhone adalah baterai tidak mau mengisi daya saat dicas. Kadang, bisa juga iPhone dicas malah berkurang dayanya. Lantas, kenapa baterai iPhone tidak mengisi saat dicas?

Masalah iPhone tidak bisa dicas bisa ditimbulkan oleh beberapa penyebab. Salah satu penyebab iPhone tidak mau mengisi daya misalnya, seperti penggunaan perangkat cas yang tidak asli atau KW.

Baca juga: Viral Mantra Harry Potter “Lumos” Bisa Menyalakan Flash HP, Begini Caranya

Output daya yang dirilis cas KW tidak bisa dipastikan kesesuaiannya dengan kemampuan baterai iPhone. Output yang tidak sesuai dapat menghambat proses pengisian daya pada baterai iPhone.

Selain itu, penyebab iPhone tidak mau mengisi daya juga bisa ditimbulkan lantaran terdapat kotoran pada konektor cas dan port iPhone. Dengan adanya kotoran itu, proses pengisian daya ke baterai iPhone bisa terganggu.

Melihat penyebab-penyebab itu, lalu bagaimana cara mengatasi iPhone tidak bisa dicas? Bila tengah mengalami persoalan yang sama, silakan simak penjelasan di bawah ini tentang cara mengatasi iPhone tidak bisa dicas.

Cara mengatasi iPhone tidak bisa dicas

1. Pastikan menggunakan cas asli

Cara mengatasi iPhone tidak bisa dicas yang pertama adalah dengan memastikan telah menggunakan cas asli. Atau, setidaknya menggunakan cas dengan output daya yang sesuai kemampuan baterai iPhone.

Sebagaimana sempat disinggung di atas, output yang tidak sesuai bisa menghambat pengisian daya. Bila menggunakan cas dengan output arus listrik yang lebih rendah, biasanya baterai iPhone bakal lebih lama terisi.

2. Cek kondisi cas

Kedua, cek adaptor dan kabel cas apakah bermasalah atau tidak. Pastikan kabel cas tidak ada yang terkelupas atau terputus. Pastikan juga adaptor tidak mengeluarkan percikan api yang besar ketika dihubungkan di steker atau stopkontak.

Kondisi yang demikian pada dasarnya merupakan beberapa tanda cas telah rusak. Bila cas sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut, segeralah ganti dengan yang baru supaya dapat mengisi daya iPhone secara optimal.

3. Periksa kondisi stopkontak

Masalah iPhone tidak bisa dicas juga dapat ditimbulkan karena stopkontak mengalami kerusakan. Untuk mengatasinya, cobalah hubungkan cas iPhone dengan stopkontak yang bisa mengeluarkan arus listrik dengan normal.

Baca juga: 6 Perbedaan iPhone “Ex-inter” dan iPhone Resmi Indonesia yang Perlu Diketahui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.