Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geser Video TikTok ke Bagian Tertentu Kini Lebih Mudah

Kompas.com - 09/01/2023, 18:08 WIB

KOMPAS.com - Platform berbagi video, TikTok baru-baru ini menambah fitur baru. Pembaruan tersebut memungkinkan pengguna loncat ke bagian video tertentu dengan lebih mudah.

Selama ini, ketika ingin mempercepat atau loncat ke bagian video tertentu, pengguna hanya akan melihat timestamp (penunjuk waktu) saja. Sehingga, mereka harus mengira-ngira bagian mana yang ingin mereka lihat.

Nah, di fitur baru ini, TikTok menambahkan thumbnail (keluku) atau gambar mini berupa cuplikan bagian video. Fitur ini sama persis seperti yang dimiliki YouTube, di mana pengguna bisa melihat thumbnail saat mempercepat atau loncat ke bagian video tertentu.

Baca juga: Google Kalahkan TikTok Jadi Layanan Internet Terpopuler di Dunia 2022

Gambarannya bisa dilihat di tangkapan layar di bawah ini,

Foto sebelah kiri adalah tampilan TikTok yang lama, ketika ingin mempercepat video yang ditonton. Sementara itu, foto sebelah kanan adalah tampilan dari fitur baru TikTok yang mirip dengan YouTube Foto sebelah kiri adalah tampilan TikTok yang lama, ketika ingin mempercepat video yang ditonton. Sementara itu, foto sebelah kanan adalah tampilan dari fitur baru TikTok yang mirip dengan YouTube

Berdasarkan gambar di atas, dapat diketahui bahwa kini thumbnail foto dalam video muncul di atas keterangan waktu. Dilansir dari KompasTekno dari Tech Crunch, Senin (9/1/2023), TikTok mulai menggulirkan fitur ini secara bertahap minggu lalu untuk pengguna global.

Jadi, kemungkinan masih banyak pengguna yang belum mendapatkan fitur ini sekarang. Dari pantauan KompasTekno, fitur ini juga masih belum hadir di Indonesia.

Menurut laporan Tech Crunch, fitur ini hanya berlaku ke depan. Artinya, hanya video-video panjang yang baru diunggah saja yang kebagian. Sementara untuk video-video berdurasi panjang yang sudah diunggah, disebut tidak memiliki fitur ini.

Ingin saingi YouTube?

Kehadiran dari fitur ini cukup menarik perhatian. Sebab, tampaknya TikTok tengah berupaya untuk bersaing dan menampilkan fitur-fitur yang serupa dengan YouTube.

Sebelum fitur ini, TikTok telah meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna menggunggah video berdurasi 10 menit. Durasi tersebut semakin panjang dibanding awal-awal TikTok mulai dikenal.

Mulanya, TikTok dikenal sebagai platform berbagi video pendek dengan dirasi 15-60 detik. Durasi video kemudian diperpanjang menjadi tiga menit, lalu diperpanjang lagi hingga kini mencapai 10 menit.

Adapun fitur terbaru lainnya yang juga dihadirkan adalah video horizontal yang kini sudah bisa dijajal oleh pengguna Indonesia, seperti yang sudah dicoba KompasTekno di artikel "Video Horizontal TikTok Bisa Dicoba di Indonesia, Serasa Nonton YouTube".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.