Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Kadal yang Pura-pura Mati, Cara Apple Kenalkan Fitur iMessage

Kompas.com - 12/01/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Apple mengenalkan fitur hapus pesan terkirim (unsend message) di iMessage, lewat video singkat berdurasi 38 detik di kanal YouTube-nya.

Video pengenalan fitur di iOS 16 kali ini cukup berbeda karena Apple menggunakan sejenis kadal bernama Leon sebagai pembuka.

Sebelum memutar video tersebut, penonton akan langsung dapat melihat thumbnail (keluku seekor kadal yang tengkurap dan disertai tulisan “R.I.P Leon” atau (Rest In Peace/Beristirahatlah dengan Damai Leon).

Baca juga: 4 Fitur Baru iMessage iOS 16, Termasuk Bisa Edit Pesan yang Telah Terkirim

Dua detik pertama dibuka dengan kondisi Leon yang tampak terkapar di atas meja. Sang pemilik yang tampak bingung pun langsung menyentuh kaki binatang peliharaannya, guna mengecek apakah kadal tersebut mati atau sedang tidur.

Apple memamerkan fitur Unsend Message menggunakan kadal bernama LeonYoutube/Apple Apple memamerkan fitur Unsend Message menggunakan kadal bernama Leon

Melihat Leon kadal kesayangannya yang tidak ada respons apa-apa, pria itu pun meyakini kadalnya sudah mati. Ia pun langsung mengambil iPhone 14 miliknya dan mengabari kerabat dengan pesan “Saya sedang kalut, Leon sudah mati”.

Tidak lama pesan itu terkirim, kadalnya mendadak bergerak dan membalikkan tubuhnya di atas meja. Binatang reptil seperti kadal memang memiliki mekanisme pertahanan diri dengan berpura-pura sudah mati dengan tidak bergerak sama sekali.

Si pemilik kadal yang kaget langsung menghapus isi pesan yang sudah dikirim. Perasaan lega muncul di wajah pemilik karena senang kadalnya hidup, sekaligus tidak salah mengirim pesan.

Baca juga: Zuckerberg Tampil di Iklan WhatsApp, Ejek iMessage Apple

Video pun ditutup dengan tulisan “Unsend Message” dan “Relax. it’s iPhone”. Walau video tersebut cukup singkat, dapat diketahui bahwa Apple sedang memamerkan fitur hapus pesan iMessage di iPhone 14.

Seperti yang diketahui, pembaruan sistem operasi iOS 16 menghadirkan sejumlah pembaruan, salah satunya memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang sudah terkirim selama 15 menit. Artinya, pesan yang dikirim sudah lebih dari 15 menit, sudah tidak dapat lagi dihapus.

Fitur Unsend Message Apple di iMessageYoutube/Apple Fitur Unsend Message Apple di iMessage

Cara menggunakan fitur ini juga mudah. Tap and hold (ketuk dan tahan) pesan yang ingin dihapus, lalu akan muncul beberapa pilihan kontrol, klik “Undo Send”. Pesan akan otomatis terhapus.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Apple


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.