Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Medsos Paling Banyak Di-download di Indonesia, TikTok Teratas

Kompas.com - Diperbarui 18/01/2023, 06:33 WIB

KOMPAS.com - TikTok jadi media sosial yang makin digemari di Indonesia. Hal ini terbukti dari laporan lembaga riset Data.ai (dulu App Annie) berjudul “State of Mobile 2023”.

Dalam laporan tersebut, TikTok tercatat sebagai aplikasi media sosial yang paling banyak di-download di Indonesia sepanjang tahun 2022, baik di perangkat iOS maupun Android.

Meskipun tidak disebutkan berapa kali TikTok di-download sepanjang 2022 lalu, riset tersebut mengatakan, media sosial besutan Bytedance ini unggul dari Instagram, Facebook, WhatsApp.

Dari laporan tersebut, aplikasi kedua yang paling banyak diunduh setelah TikTok adalah Facebook, ketiga Instagram, dan keempat WhatsApp.

Baca juga: Kalahkan Instagram, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh di Dunia

Peringkat kelima hingga sepuluh masing-masing diduduki oleh Snack Video, Telegram, Facebook Messenger, Twitter, Helo, dan Pinterest.

Berikut ini adalah daftar media sosial paling banyak di-download di Indonesia sepanjang 2022:

  1. TikTok
  2. Facebook
  3. Instagram
  4. WhatsApp
  5. Snack Video
  6. Telegram
  7. Facebook Messenger
  8. Twitter
  9. Helo
  10. Pinterest

Riset data.ai menemukan bahwa TikTok adalah aplikasi yang paling banyak diunduh di Indonesia sepanjang 2022 Riset data.ai menemukan bahwa TikTok adalah aplikasi yang paling banyak diunduh di Indonesia sepanjang 2022

Namun, jika dibandingkan secara global, aplikasi medsos yang paling banyak diunduh menurut Data.ai adalah Instagram, lalu posisi kedua baru diduduki oleh TikTok. Sedangkan, posisi ketiga dan keempat diisi oleh Facebook dan WhatsApp.

Kendati demikian, laporan lain dari perusahaan riset aplikasi Apptopia justru menemukan hal yang berbeda. Riset tersebut mencatat TikTok sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh secara global.

Apptopia menemukan bahwa TikTok telah diunduh sebanyak 672 juta kali dan membuat platform milik ByteDance tersebut menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia per 2022 lalu. Sedangkan, aplikasi pesaingnya, Instagram sudah diunduh 548 juta kali per 2022.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Data.ai


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.