Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skor Benchmark Samsung Galaxy S23 Ultra dengan Snapdragon 8 Gen 2 Khusus

Kompas.com - 03/02/2023, 19:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

 

SINGAPURA, KOMPAS.com - Samsung biasanya rajin menanamkan System-on-Chip (chipset) terkini dan terkencang untuk jajaran smartphone flagship yang dirilisnya tiap tahun.

Tahun ini pun kembali dilakukan Samsung lewat trio Galaxy S23 series yang terdiri dari Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra.

Ketiganya kompak ditenagai Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Chipset spesial bikinan Qualcomm untuk seri flagship terbaru Samsung ini hadir dengan performa prosesor (CPU) dengan clock speed hingga 3,36 GHz.

Angka tersebut lebih tinggi dari pada clock speed Snapdragon 8 Gen 2 "biasa" yang sudah "mengotaki" beberapa smartphone flagship dari merek lain. Adapun clock speed Snapdragon 8 Gen 2 versi asli tercatat di angka 3,2 GHz.

Selain CPU, kinerja GPU (pengolah grafis) Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy juga meningkat sekitar 25 persen bila dibandingkan Snapdragon 8 Gen 2 "biasa".

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Series Pakai Snapdragon 8 Gen 2 Khusus, Bedanya dari Versi Biasa?

Jadi, di atas kertas, bisa dibilang Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy pada trio Galaxy S23 series ini adalah chipset Qualcomm paling kuat untuk saat ini.

Lantas, seberapa tangguh kinerja ponsel flagship Samsung tersebut, terutama untuk model teratas Galaxy S23 Ultra?

Saat ini, KompasTekno berkesempatan memegang langsung Samsung Galaxy S23 Ultra (12/256 GB) yang baru debut 2 Februari lalu dan belum beredar di pasar. Ini adalah versi retail yang akan dijual Samsung, termasuk di pasar Indonesia.

Untuk membuktikan kebolehan chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy tersebut, begitu juga performa Galaxy S23 Ultra yang memakainya, kami melakukan mengujian benchmark secara mandiri.

Pengujian sendiri mengandalkan sejumlah aplikasi benchmark smartphone populer, seperti Antutu 9, Geekbench 5, 3DMark, hingga PCMark.

Skor Antutu Samsung Galaxy S23 Ultra

Dalam pengujian Antutu 9, Samsung Galaxy S23 Ultra yang kami jajal mampu menghasilkan skor benchmark keseluruhan mencapai 1.204.024 poin, dengan nilai benchmark tertinggi dikontribusi dari kemampuan pengolah grafis (GPU) yang memiliki skor 530.047 poin.

Skor Benchmark Antutu dan Geekbench Samsung Galaxy S23 Ultra.Benchmark Skor Benchmark Antutu dan Geekbench Samsung Galaxy S23 Ultra.

Kemudian untuk pengujian Geekbench 5, ponsel ini berhasil mendapatkan skor 1.533 poin untuk pengujian CPU single core, serta 4.760 poin untuk pengujian multi core.

Di pengujian 3DMark dengan mode "Wild Life", Galaxy S23 Ultra sendiri menghasilkan skor "Maxed out" (maksimal) tanpa ada skor angka yang ditampilkan. Adapun frame rate ponsel ini juga dikategorikan sebagai "Maxed out" (maksimal).

Namun, bila keterangan hasil benchmark lebih lanjut, selama pengujian Galaxy S23 Ultra memiliki frame rate dari 37-108 FPS.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S23, S23 Plus, dan S23 Ultra

Karena hasil benchmark dengan mode "Wild Life"-nya dalam kategori maksimal, 3DMark menyebut Galaxy S23 Ultra "terlalu kuat untuk mode test tersebut".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com