Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Tanda Tangan Digital di PDF dengan Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - 04/02/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Dokumen administrasi saat ini tidak hanya berupa kertas fisik. Di berbagai bidang administrasi, seperti lamaran pekerjaan, kontrak perjanjian, atau surat pernyataan, banyak yang sudah menggunakan dokumen digital dalam format PDF.

Layaknya dokumen administrasi kertas, dokumen-dokumen PDF tersebut yang bersifat penting dan membutuhkan persetujuan juga memerlukan pembubuhan tanda tangan dari para pihak terkait.

Baca juga: Cara Mengubah File JPG ke PDF secara Online dengan Mudah

Kadang kala, tanda tangan diminta untuk langsung dibubuhkan secara digital ke dokumen PDF tanpa dicetak terlebih dahulu. Pengguna yang belum terbiasa mungkin bakal kesulitan saat harus membubuhkan tanda tangan digital di PDF.

Lantas, bagaimana cara tanda tangan digital di PDF? Tenang, tanda tangan digital di PDF pada dasarnya bukanlah hal yang rumit. Bila Anda kini tengah diminta buat tanda tangan digital di PDF, berikut adalah penjelasan caranya.

Cara tanda tangan digital di PDF

Cara tanda tangan digital di PDF dapat dilakukan melalui desktop (komputer atau laptop) tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Setidaknya terdapat dua cara tanda tangan digital di PDF tanpa aplikasi tambahan.

Pertama, Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan Preview di desktop berbasis MacOS (sistem operasi desktop Apple). Kedua, bisa juga menggunakan layanan edit PDF secara online dari situs SmallPDF. Selengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

1. Tanda tangan digital di PDF via aplikasi Preview MacOS

  • Cari dan buka PDF di Finder yang hendak ditandatangani secara digital.
  • Desktop MacOS bakal secara otomatis membuka dokumen PDF tersebut melalui aplikasi Preview.
  • Setelah dokumen PDF terbuka di aplikasi Preview, klik ikon pena dalam lingkaran yang berada pada bar menu. Selanjutnya, bakal muncul bar tools untuk mengedit PDF.
  • Pada bar tools tersebut, pilih opsi ikon pena untuk mulai menggambar tanda tangan.
  • Gerakkan kursor sesuai dengan bentuk tanda tangan Anda.
    Ilustrasi cara tanda tangan digital di PDF via aplikasi bawaan Preview pada desktop MacOS.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara tanda tangan digital di PDF via aplikasi bawaan Preview pada desktop MacOS.
  • Kini, Anda telah berhasil menambahkan tanda tangan digital di PDF.
  • Bila membutuhkan nama terang, klik ikon “T” untuk mengakses opsi “Text”. Lalu, ketik nama Anda.
    Ilustrasi cara menambahkan nama terang tanda tangan digital di PDF lewat aplikasi bawaan Preview.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menambahkan nama terang tanda tangan digital di PDF lewat aplikasi bawaan Preview.
  • Kemudian, atur format teks nama terang Anda, seperti mengubah font, ukuran, dan warnanya, dengan mengetuk ikon “A” di bar tools.
  • Selesai mengatur semuanya, silakan simpan PDF yang telah dibubuhkan tanda tangan digital itu.

2. Tanda tangan digital di PDF online via situs SmallPDF

  • Buka situs SmallPDF di alamat ini https://smallpdf.com/id.
  • Kemudian, pilih menu “Edit PDF”.
  • Pilih dan unggah dokumen PDF dari galeri desktop yang hendak ditandatangani secara digital.
  • Setelah terunggah, bakal muncul halaman pengeditan dokumen PDF.
  • Pada halaman itu, pilih opsi “Memberi Tanda” dan klik ikon pena.
    Ilustrasi cara tanda tangan digital di PDF via situs SmallPDF.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara tanda tangan digital di PDF via situs SmallPDF.
  • Gerakkan kursor sesuai dengan bentuk tanda tangan Anda pada dokumen PDF.
  • Kemudian, tambahkan nama terang dengan mengetuk opsi “Tambahkan kotak teks”. Atur format teks sesuai dengan kebutuhan lewat tools yang tersedia di opsi tersebut.
  • Terakhir, klik opsi “Unduh” untuk menyimpan PDF yang telah ditandatangani.
    Ilustrasi cara menambahkan nama terang tanda tangan digital di PDF lewat situs SmallPDF.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menambahkan nama terang tanda tangan digital di PDF lewat situs SmallPDF.

Baca juga: Cara Menggabungkan File PDF di Mac Tanpa Aplikasi Tambahan

Cukup mudah bukan cara tanda tangan digital di PDF? Demikianlah penjelasan lengkap seputar dua cara tanda tangan digital di PDF melalui aplikasi bawaan Preview pada desktop MacOS dan lewat layanan situs SmallPDF, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com