Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Penting Ini Absen di Galaxy S23 Series, Bos Samsung Buka Suara

Kompas.com - 06/02/2023, 09:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Ponsel teranyar Samsung, Galaxy S23 series, sudah resmi dirilis, Kamis (2/2/2023). Perangkat tersebut hadir dengan tiga model, yaitu S23 “reguler”, S23 Plus, dan S23 Ultra.

Sebelum dirilis, beredar rumor bahwa Galaxy S23 series bakal dibekali fitur komunikasi satelit satelit, mirip di iPhone 14 series. Fitur itu memungkinkan perangkat untuk mengirim pesan melalui koneksi satelit dalam keadaan darurat.

Akan tetapi, setelah resmi diluncurkan, rumor itu belum terbukti. Fitur komunikasi satelit masih absen di Galaxy S23 series.

President and Head of MX Business Samsung Electronic, TM Roh pun buka suara menanggapi hal tersebut.

Baca juga: iPhone 14 Punya Fitur Komunikasi Satelit untuk Keadaan Darurat, Bagaimana Cara Kerjanya?

TM Roh mengaku dirinya tertarik dan berjanji bakal menghadirkan fitur konektivitas satelit ke smartphone Samsung. Namun, di saat yang bersamaan, ia merasa terlalu cepat untuk menghadirkan fitur tersebut di perangkat bikinannya sekarang. Teknologi yang dimiliki pun masih terbatas.

“Saat waktunya sudah tepat, infrastruktur dan teknologinya sudah siap, maka tentu saja kami akan mempertimbangkan fitur tersebut untuk diterapkan ke ponsel Samsung Galaxy,” jelas TM Roh, sebagaimana dikutip KompasTekno dari CNET, Senin (6/2/2023).

Bos Samsung tersebut menambahkan jika konektivitas satelit hadir di Galaxy S23 series, tentunya hal itu akan menjadi salah satu peningkatan serta membantu pengguna dalam keadaan darurat.

Namun, di sisi lain, ia berpendapat bahwa kehadiran fitur tersebut bukanlah solusi pamungkas yang bisa memberikan ketenangan bagi setiap pengguna, setidaknya untuk saat ini.

Meskipun fitur tersebut absen, TM Roh menegaskan bahwa Samsung tetap menyematkan sejumlah peningkatan pada ponsel anyarnya. Mulai dari peningkatan keamanan, koneksi 5G yang diperbarui, hingga sensor yang ditingkatkan.

Baca juga: Skor Benchmark Samsung Galaxy S23 Ultra dengan Snapdragon 8 Gen 2 Khusus

Benarkah belum siap?

Meskipun TM Roh mengatakan bahwa teknologi ini "belum siap", namun ada segelintir pihak yang skeptis. Sebab, fitur serupa sudah dimiliki iPhone 14 series lebih dulu.

Melihat kebiasaan Apple, perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS itu biasanya merilis fitur yang benar-benar sudah siap. Sekalipun sudah banyak ponsel Android yang mengadopsi sebuah fitur, Apple biasanya "agak telat" mengadopsinya karena ingin mematangkannya lebih dulu sebelum disematkan ke iPhone.

Misalnya saja teknologi 5G yang baru hadir di iPhone 12 (2020), di saat beberapa merek Android sudah lebih dulu menyematkannya.

Jadi, beberapa pihak yang skeptis tadi menduga, mungkin saja Galaxy S23 series memang belum disiapkan secara built-in untuk memiliki fitur konektivitas satelit, meskipun sudah memenuhi kualifikasi.

Sedikit mengingat ke belakang, rumor Galaxy S23 series akan dibekali fitur konektivitas satelit semakin santer sejak awal Januari 2023. Saat itu, Qualcomm memperkenalkan fitur Snapdragon Satellite yang akan hadir di ponsel Android.

Baca juga: Fitur Penting di iPhone 14 Bakal Hadir Juga di Samsung Galaxy S23?

VP Product Management Qualcomm, Francesco Grilli menyebut hanya perangkat kelas atas, khususnya yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 2 dan chip modem Snapdragon X70 saja yang dapat menghadirkan fitur pesan satelit tersebut.

Halaman:
Sumber GizChina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com