Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geekbench 6 Meluncur dengan Pengujian HP yang Lebih Kekinian

Kompas.com - 15/02/2023, 14:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Geekbench

KOMPAS.com - Primate Labs resmi meluncurkan aplikasi uji coba hardware (benchmark) baru yang merupakan suksesor dari Geekbench 5, yaitu Geekbench 6 di platform mobile iOS dan Android.

Dibanding pendahulunya, Geekbench 6 kini hadir dengan sejumlah peningkatan untuk membuat hasil benchmark lebih akurat berdsar penggunaan sehari-hari, terutama ketika dipakai untuk menguji perangkat-perangkat kekinian, seperti ponsel dan PC. 

Sebab, sudah menjadi rahasia umum di dunia teknologi jika hasil benchmark belum tentu sesuai dengan kemampuan perangkat, utamanya apabila digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Nah, beberapa hal yang dihadirkan untuk menunjang benchmark tersebut mencakup penambahan pengujian video call dengan latar belakang buram, hingga penambahan sumber gambar yang lebih banyak untuk pengujian aplikasi media sosial. 

Baca juga: Diduga Curangi Benchmark, Ponsel Realme Didepak dari AnTuTu

Ada pula penambahan beberapa model pengujian supaya ponsel bisa mendeteksi aneka obyek foto menggunakan machine learning (ML), sumber data foto dan peta (maps), file PDF, dan laman HTML5 yang lebih banyak, serta file pengujian yang lebih besar. 

Beralih ke pengujian prosesor (CPU), karena fokus di pengujian penggunaan dunia nyata (real-life world test), Geekbench 6 juga kini lebih difokuskan ke fungsi pengujian multi-core, dibanding single-core

Ilustrasi aplikasi Geekbench 6 di macOS.Geekbench Ilustrasi aplikasi Geekbench 6 di macOS.

Hal ini dilakukan karena Primate Labs menilai bahwa pekerjaan yang diproses CPU biasanya mengandalkan banyak inti (core), bukan hanya satu inti saja. 

"Dengan begitu, hasil pengujian multi-core akan lebih relevan dengan penggunaan perangkat di dunia nyata, yang tentunya sangat beragam antar pengguna," tulis Geekbench.

"Selain itu, fokus di multi-core juga dipicu oleh tren yang berkembang di dunia teknologi saat ini, di mana para perangkat desktop dan laptop mulai menggunakan kombinasi prosesor performa tinggi dengan hemat daya," tambah Geekbench.

Baca juga: Disebut Curangi Benchmark, Apa Kata Oppo dan Huawei?

Kemudian untuk pengujian pengolah grafis (GPU), Geekbench 6 juga kini dijejali dengan beragam pengujian visual anyar, yang diklaim bisa memberikan gambaran kemampuan visual suatu perangkat di berbagai platform. 

Untuk ketersediaan, sama seperti Geekbench 5, Geekbench 6 masih akan tersedia secara gratis di platform Android, iOS, Windows, macOS, dan Linux, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Geekbench, Rabu (15/2/2023).

Pantauan KompasTekno Rabu pagi, di platform mobile, Geekbench 6 sudah bisa diunduh di toko aplikasi Play Store (Android) di tautan berikut ini, serta di toko aplikasi App Store (iOS) di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Geekbench
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com