Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Gandeng Huawei dalam Transformasi Jadi Perusahaan Telko Digital

Kompas.com - 28/02/2023, 08:30 WIB
Reza Wahyudi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Di gelaran Mobile World Congress 2023 (MWC) di Barcelona, Spanyol, Telkomsel dan Huawei menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama eksplorasi teknologi bersama, dengan mengadopsi "GUIDE to Future Telco".

GUIDE sendiri adalah cetak biru pengembangan bisnis untuk menguraikan masa depan, dan mengatasi tantangan bisnis baru melalui teknologi inovatif untuk membuat benchmark pengukuran jaringan.

Model ini dapat dipahami sebagai:

G: Gigaverse initiative for ubiquitous gigabit connectivity
U: Ultra-automation speed up
I: Intelligent computing and Networks as a Service
D: Differentiated experiences on-demand
E: Enabling sustainability with green ICT, such as our ‘More Bits Less Watts’ strategy across sites, networks, and O&M

Telkomsel dan Huawei akan bekerja sama dalam menggarap strategi evolusi Telkomsel di masa depan, dengan tujuan melanjutkan transformasi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital.

Baca juga: 5G In The Box Telkomsel, Solusi Jaringan Privat di Mana Saja

Selain itu, kedua pihak akan berkolaborasi dalam teknologi jaringan, seperti susunan antena berskala sangat besar, teknologi multi-antena pita lebar ultra nirkabel, minimalisasi cerdas, transformasi digital, dan pengembangan ramah lingkungan.

Hal itu dilakukan untuk menyediakan layanan jaringan gigabit dan pengalaman layanan yang berbeda kepada pelanggan.

Selain kolaborasi teknologi, kedua belah pihak juga akan berkolaborasi dalam pengembangan bisnis secara digital.

Nugroho selaku Direktur Network Telkomsel mengatakan bahwa kerja sama dengan Huawei ini memastikan keberlanjutan roadmap Telkomsel dalam hal transformasi digital.

"Kerja sama ini juga akan mendukung Telkomsel untuk memberikan layanan terbaik untuk pengalaman digital, dengan solusi yang lebih komprehensif yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan industri,” tutur Nugroho di sela acara MWC di Barcelona, Spanyol, Senin (27/2/2023).

Sementara Wang Xu selaku Director of Huawei Indonesia Telkomsel Account Department mengatakan pihaknya merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan Telkomsel dalam evolusi “GUDE to Future Telco”.

"Huawei akan membantu Telkomsel membangun jaringan 5G berkualitas tinggi dan membantu Telkomsel dalam upaya Transformasi Digital untuk memberikan landasan yang kokoh bagi Konektivitas Digital," ujar Wang Xu di kesempatan yang sama

Baca juga: Solusi Smart Manufacturing Telkomsel Percepat Digitalisasi Perusahaan

Selain itu, Huawei juga disebutnya akan bekerja memberikan terobosan inovatif berkelanjutan dalam bisnis Telkomsel, memberikan pengalaman koneksi digital yang nyaman dan terbaik, dan mendukung Visi 5G-Advanced Digital Indonesia yang berorientasi masa depan.

MWC 2023 Barcelona berlangsung dari 27 Februari hingga 2 Maret di Barcelona, Spanyol. Huawei, bersama dengan operator global, industri terkemuka, dan pembentuk opini terkemuka, dan lain sebagainya., akan membahas tren industri, prinsip-prinsip GUIDE dalam memimpin masa depan, pembangunan hijau, dan pemanasan lainnya topik untuk memimpin masa depan jaringan digital.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com