Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Telegram Bawa 9 Fitur Baru, Ada Mode Hemat Baterai

Kompas.com - 14/03/2023, 09:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Telegram

KOMPAS.com - Telegram meluncurkan sembilan fitur baru untuk aplikasi pesan instannya di platform iOS dan Android. Pengumuman update fitur baru ini disampaikan oleh Telegram lewat blog resminya.

"Pembaruan (Telegram) kali ini menghadirkan mode hemat daya yang baru, mengoptimalkan Telegram untuk perangkat Android kelas bawah, menambahkan lebih banyak opsi kecepatan pemutaran, dan masih banyak lagi," tulis Telegram.

Adapun deretan fitur ini sudah digelontorkan untuk pengguna sejak 8 Maret lalu. Pantauan KompasTekno, pembaruan tersebut sudah tersedia bagi pengguna telegram versi Android di Indonesia per Selasa (14/3/2023).

Baca juga: Duduk Perkara Perang Dingin WhatsApp Vs Telegram

Apabila belum mendapatkan fitur baru yang dimaksud, pengguna boleh melakukan pembaruan aplikasi lewat Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS.

Lantas, apa saja fungsi fitur-fitur yang diumumkan Telegram? Berikut adalah penjelasannya.

  • Mode hemat daya

ilustrasi update TelegramTelegram ilustrasi update Telegram

Telegram memperkenalkan mode hemat daya (Power Saving Mode) yang berguna untuk memperpanjang durasi baterai smartphone, dan meningkatkan performa di perangkat lama. Dengan mode ini, efek dan animasi yang membuat berat aplikasi kini dapat dinonaktifkan.

Mode hemat daya juga dapat diatur agar menyala secara otomatis ketika baterai pengguna turun di bawah persentase tertentu. Contohnya, pengguna dapat mengatur agar mode tersebut aktif ketika daya baterai ada di bawah sepuluh persen.

Selain itu, pengguna bisa menonaktifkan efek-efek tertentu seperti efek autoplay untuk video dan efek animasi untuk stiker.

Khusus untuk pengguna iOS, mode hemat baterai juga dapat dimanfaatkan untuk membatasi pembaruan latar belakang (background updates). Namun, Telegram tidak menyarankan pengguna iOS untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Jika diaktifkan, pengguna iOS akan rutin melihat pesan 'Memperbarui' saat membuka aplikasi Telegram. Nah, platform iOS bukan satu-satunya yang mendapatkan perhatian dari Telegram.

Sebab, Telegram telah membuat pengaturan default yang dioptimalkan untuk platform Android. Pengaturan ini diklaim telah diuji secara manual dengan menggunakan lebih dari 200 jenis perangkat Android.

Baca juga: Sejarah Aplikasi Telegram dan Perkembangannya

Apabila ingin mencoba mode hemat daya, pengguna dapat menuju Pengaturan > Penghematan Daya

  • Pilihan kecepatan pemutaran makin bervariasi

Fitur berikutnya yang diumumkan Telegram mencakup kecepatan pemutaran untuk video, suara, dan pesan video yang makin bervariasi.

Sebelumnya, opsi kecepatan pemutaran yang tersedia dibagi menjadi 0,5x, normal, 1,5x, dan 2x. Namun, pembaruan ini mengizinkan pengguna Telegram untuk memilih kecepatan sesuka hati.

Halaman:
Sumber Telegram
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com