Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Efek Bokeh dan Bagaimana Cara Mendapatkannya lewat Kamera HP?

Kompas.com - 26/03/2023, 03:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat memotret sebuah objek setiap pengguna tentu akan mengutamakan kualitas foto yang dibidik. Salah satunya dengan menggunakan efek bokeh. Kelebihan menggunakan efek ini sendiri adalah membuat objek utama lebih fokus dan menonjol.

Hal tersebut karena efek bokeh akan memfokuskan bidikan pada objek utama dan mengaburkan latar belakang. Beberapa penggunaan efek bokeh ini biasanya sering ditemukan pada jenis pemotretan apa pun. Mulai dari manusia, tumbuhan, hewan, produk tertentu, dan lainnya.

Melihat kegunaan efek bokeh yang dapat meningkatkan kualitas foto, lantas apa definisi efek bokeh sendiri? Dan bagaimana cara mendapatkannya lewat kamera HP? Selengkapnya berikut uraiannya.

Baca juga: 5 Tips Hasilkan Foto Portrait dengan Bokeh Ciamik

Apa itu efek bokeh?

Dilansir dari Lifewire, efek bokeh merupakan area yang blur (kabur) pada latar belakang gambar. Efek bokeh adalah kualitas area di luar fokus gambar. Dalam fotografi digital, bentuk lensa kamera menciptakan lingkaran putih di latar belakang.

Efek bokeh termasuk salah satu teknik yang dapat meningkatkan keindahan pada foto. Efek ini bisanya terlihat pada foto yang diambil dengan fokus objek yang di dekat kamera. Efek bokeh terjadi otomatis memfokuskan pada objek yang diambil dan mengaburkan latar belakang gambar.

Istilah bokeh sendiri sebenarnya berasal dari kata Jepang yaitu “boke” yang memiliki arti buram atau kabur atau “boke-aji” yang berarti kualitas buram. Kualitas bokeh sendiri disebabkan oleh depth of field yang sempit, jarak antara objek yang terdekat dalam fokus dan yang terjauh.

Efek bokeh ini tak jarang berguna untuk membantu menyembunyikan latar belakang yang tidak diinginkan atau mengurangi background yang dirasa kurang aestetik bersanding di objek foto.

Baca juga: Cara Mudah Menerapkan Efek Bokeh di Ponsel Berkamera Tunggal

Cara mendapatkan efek bokeh di HP

Efek bokeh sendiri populer digunakan pada kamera DSLR. Namun efek ini juga dapat Anda temukan dan dapatkan pada smartphone. Cara kerjanya juga mirip dengan kamera DSLR. Salah satunya melalui sistem dual-camera system pada perangkat smartphone apabila Anda menggunakan smartphone dengan kamera ganda. 

Beberapa smartphone dengan dual-camera system biasanya terdiri dari kamera utama dan kamera sekunder.

Kamera sekunder itulah yang berfungsi untuk mengukur jarak antara objek dan latar belakang, sehingga kamera dapat menentukan objek mana yang harus difokuskan dan latar belakang mana yang harus dikaburkan.

Saat Anda mengambil foto, Anda harus bisa memilih apa yang akan difokuskan dan apa yang akan diburamkan. Namun apabila ponsel Anda hanya memiliki lensa tunggal, maka efek bokeh dapat diperoleh dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi pihak ketiga, seperti After Focus. Aplikasi ini dapat diperoleh di Play Store maupun App Store.

Cara membuat efek bokeh di HP Android

cara mendapatkan efek bokeh Kompas.com/soffyaranti cara mendapatkan efek bokeh

  • Buka kamera di ponsel Anda
  • Pilih “Potret”
  • Klik titik tengah untuk mengatur tebal tipis efek bokeh
  • Mulai membidik objek
  • Kemudian lihat hasil potrek efek bokeh di galeri

Baca juga: Foto Instagram Stories Kini Bisa Diberi Efek Bokeh

Sebagai informasi cara ini dilakukan pada ponsel Android Xiaomi Redmi Note 10S. Itulah pengertian mengenai efek bokeh dan cara mendapatkannya lewat smartphone. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com