Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Winamp Versi Baru Resmi Dirilis, Tampilan Modern dan Fitur Lebih Lengkap

Kompas.com - Diperbarui 15/04/2023, 09:20 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemutar musik lawas, Winamp seolah menolak "mati". Winamp kini meluncur dalam versi baru. Kehadiran Winamp versi baru ini diumumkan langsung lewat akun Twitter resmi dengan handle @winamp pada Kamis (13/4/2023).

Versi anyar dari pemutar musik legendaris yang populer di tahun 1990-an hingga awal 2000-an itu kini membawa fitur yang lebih komplet mencakup musik, podcast, radio, hingga audiobook.

Tak hanya fitur komplet, Winamp versi 2023 ini juga membawa perombakan desain besar-besaran yang lebih segar dan modern. Jadi, penggemar tak akan menemui desain klasik khas Winamp di versi anyar ini.

Versi baru dari Winamp kini bisa dicoba secara online lewat browser laptop atau ponsel di URL www.player.winamp.com.

Baca juga: Winamp Versi Reborn Resmi Dirilis, Tampilan Lama dengan Sejumlah Fitur Baru

Ketika mengakses URL tersebut, pengguna akan disambut dengan halaman seperti mengunjungi situs musik alir (streaming music) zaman sekarang, sebut saja seperti Spotify dan YouTube Music.

Pengguna akan melihat keterangan "Welcome to Winamp" (selamat datang di Winamp). Pengguna diarahkan untuk mendaftar (sign up) atau masuk (log in) akun untuk merasakan pengalaman audio penuh dengan Winamp versi baru.

Di sisi kiri halaman, pengguna bakal melihat fitur-fitur utama yang dibawa Winamp versi 2023. Misalnya pustaka lagu, musisi, siniar (podcast), dan stasiun radio.

Salah satu fitur yang ditonjolkan Winamp versi 2023 adalah Fanzone. Menurut Winamp, Fanzone ini merupakan fitur keanggotaan (membership) mulai dari 1 euro (sekitar Rp 16.000-an) di saluran musisi. Jadi, penggemar bisa secara langsung memberikan dukungan materiil kepada musisi favoritnya.

Sepengalaman KompasTekno, perpustakaan musik, podcast, radio, dan audiobook Winamp versi 2023 ini bisa dibilang masih sangat minim sekali. Kami tidak bisa menemukan nama-nama musisi top dunia seperti BTS, Justin Bieber, Taylor Swift, Blackpink, dan lainnya.

Winamp versi 2022 masih bawa desain klasik

Winamp 5.9 resmi mendukung Windows 11.How to Geek Winamp 5.9 resmi mendukung Windows 11.
Bagi penggemar yang ingin menggunakan Winamp dengan desain klasik, aplikasi Winamp versi 2022 bisa menjadi pilihan.

Sebelum versi 2023, Winamp juga sempat merilis update besar-besaran untuk aplikasi Winamp pada September 2022. Ketika itu, penggemar bisa mengunduh Winamp versi 5.9 RC1 Build 9999 versi stabil untuk PC Windows melalui tautan berikut ini.

Baca juga: Winamp Versi Reborn Sudah Bisa Dijajal, Bakal Dukung Windows 11

Pembaruan ini menandai update besar pertama sejak Winamp 5.8 yang dirilis tahun 2018 atau empat tahun yang lalu.

Berbeda dengan Winamp 2023 yang hadir dalam basis halaman web, Winamp versi 2022 hadir dalam format aplikasi dengan tampilan klasik khasnya. Desain klasik Winamp dipertahankan lengkap dengan ikon-ikon fungsional seperti sebelumnya.

Namun secara teknis, tampilan Winamp 5.9 ditingkatkan dari basis code Visual Studio 2008 (VS2008) ke Visual Studio 2019 (VS2019).

Dengan begitu, dukungan perangkat untuk Winamp juga ditingkatkan, minimal perangkat yang mendukung Windows 7 SP1 atau lebih baru.

Meski demikian, visual Winamp versi 5.9 tak begitu banyak dipoles, sehingga pengguna bisa merasa nostalgia dengan tampilan yang ditawarkan aplikasi pemutar musik ini.

Adapun untuk peningkatan fitur, Winamp juga sudah mendukung sistem operasi Windows 11 terbaru. Selain itu, Winamp kini juga dirancang memiliki kemampuan sinkronisasi dengan aplikasi versi Android.

Pengembang juga meningkatkan dukungan untuk codec VP8, menambahkan dukungan untuk direktori podcast, serta mengimplementasikan dukungan codec M38. Pengembang juga melakukan optimalisasi dan memperbaiki bug Winamp agar aplikasinya dapat berjalan lebih stabil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com