Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kode QR WA Web Tidak Valid? Ini Penyebabnya

Kompas.com - Diperbarui 25/03/2024, 08:55 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa kendala yang umum dijumpai ketika pengguna hendak login atau menautkan akun ke WhatsApp versi website (WA Web) di browser, salah satunya adalah muncul pesan kode QR WA Web tidak valid. 

Tidak ada kode QR valid yang terdeteksi, demikian bunyi pesan yang muncul saat ingin login WA web.

Sebagaimana cukup umum diketahui, untuk bisa login ke WA Web di browser perangkat lain seperti laptop, pengguna perlu memindai kode QR yang tertera pada WA Web melalui aplikasi WhatsApp ponsel.

Baca juga: Ramai soal WhatsApp Web Masih Bisa Diakses di Laptop meski HP Mati, Benarkah Demikian?

Dalam proses pemindaian itu, pesan QR WA web tidak valid bisa saja muncul. Pengguna mungkin bakal repot bila pesan “No valid QR code detected” muncul.

Pasalnya, jika pesan “No valid QR code detected” muncul maka pengguna jadi tak bisa login WA Web.

Untuk lebih jelasnya, contoh pesan “No valid QR code detected” yang muncul saat hendak login WA Web dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi pesan No Valid QR Code atau Tidak ada kode QR valid yang terdeteksi yang muncul saat hendak login WA Web.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi pesan No Valid QR Code atau Tidak ada kode QR valid yang terdeteksi yang muncul saat hendak login WA Web.

Lantas, kenapa tidak ada kode QR valid yang terdeteksi bisa terjadi ketika hendak login WA Web seperti gambar di atas? Bila Anda tengah mengalami masalah serupa, silakan simak penjelasan penyebab tidak ada kode QR valid yang terdeteksi.

Penyebab tidak ada kode QR valid yang terdeteksi saat login WA Web

Berdasarkan percobaan yang dilakukan KompasTekno, penyebab tidak ada kode QR valid yang terdeteksi saat login WA Web diakibatkan karena terdapat kesalahan dalam melakukan pemindaian.

Perlu diketahui dulu, di aplikasi WhatsApp ponsel, terdapat dua jenis pemindaian kode QR. Pertama, pemindaian kode QR untuk menambahkan kontak. Kedua, pemindaian kode QR untuk menautkan akun ke WA Web di browser perangkat lain.

Kamera pemindaian kode QR untuk menambahkan kontak berada di menu “Profil”. Sedangkan kamera pemindaian kode QR untuk login WA Web, opsi untuk mengaksesnya terletak di menu “Perangkat Tertaut”.

Baca juga: Cara Membuka WhatsApp Web di HP dengan Mudah, Sudah Coba?

Dua jenis pemindaian kode QR tersebut harus digunakan sebagaimana fungsi semestinya. Pesan “Tidak ada kode QR valid yang terdeteksi” bisa muncul karena pengguna memindai kode QR WA Web tetapi menggunakan pemindaian kode QR untuk menambahkan kontak.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kode QR WhatsApp tidak valid saat hendak login WA Web? Cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah memastikan pemindaian berjalan secara tepat sesuai fungsi, begini penjelasannya.

Cara mengatasi kode QR WA Web tidak valid

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi kode QR WA web tidak valid.

Pengguna harus memindai kode QR yang tertera di WA Web dengan menggunakan kamera pemindaian yang terdapat di menu “Perangkat Tertaut” pada aplikasi WhatsApp ponsel, bukan di menu “Profil” yang berfungsi untuk menambahkan kontak.

Jika pengguna memindai kode QR untuk login akun WA Web lewat kamera pemindaian di menu “Profil” maka hasilnya bakal seperti gambar di atas, yaitu muncul pesan “No valid QR Code detected.

Dalam hal mengakses kamera pemindaian untuk login WA Web supaya tidak muncul pesan “Tidak ada kode QR valid yang terdeteksi, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Bila di HP Android, klik ikon titik tiga untuk mengakses menu “Settings” dan pilih menu “Perangkat Tertaut”. Lalu, klik opsi “Tautkan Perangkat” dan pindai kode QR pada WA Web.
  • Bila di iPhone, klik menu “Settings” dan pilih menu “Perangkat Tertaut”. Lalu, klik opsi “Tautkan Perangkat” dan pindai kode QR pada WA Web.
  • Dalam kondisi normal seperti jaringan internet bagus dan tidak ada bug, setelah kode QR dipindai lewat menu “Perangkat Tertaut”, pengguna bisa segera login WA Web.

Cara mengatasi kode QR WhatsApp tidak valid saat hendak login WA Web dengan melakukan pemindaian sesuai fungsinya di menu Perangkat Tertaut.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Cara mengatasi kode QR WhatsApp tidak valid saat hendak login WA Web dengan melakukan pemindaian sesuai fungsinya di menu Perangkat Tertaut.

Baca juga: 5 Penyebab WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab tidak ada kode QR valid yang terdeteksi saat login WA Web dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com