Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kunci Pesan WhatsApp agar Chat Rahasia Tetap Aman

Kompas.com - 17/05/2023, 13:04 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fitur kunci pesan WhatsApp atau disebut Chat Lock akhirnya resmi dirilis untuk semua pengguna.

Meta, perusahaan induk WhatsApp mengumumkan fitur Chat Lock dirilis di seluruh dunia hari ini, Selasa (16/5/2023). Fitur ini awalnya hanya tersedia untuk pengguna WA versi beta.

"Hari ini kami mengumumkan Chat Lock di WhatsApp yang memungkinkan Anda melindungi percakapan paling intim di balik satu lapisan keamanan lagi," kata Meta, dikutip KompasTekno dari situs resmi perusahaan, Selasa (16/5/2023).

Sebagaimana namanya, fitur kunci pesan WhatsApp berguna untuk mengamankan obrolan WA dari akses yang tidak diinginkan. Lantas bagaimana cara pakainya? Berikut rinciannya.

Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Blokir Telepon Spam Otomatis

Cara kunci pesan WhatsApp

  • Klik chat/grup yang ingin dikunci
  • Klik profil kontak/grup
  • Dari situ, Anda akan menemukan beragam opsi, pilih opsi Chat Lock
    ilustrasi fitur Chat Lock di WhatsApp BetaWhatsApp ilustrasi fitur Chat Lock di WhatsApp Beta
  • Atur kunci pesan WA dengan sidik jari dengan mengklik tombol "Kunci chat dengan sidik jari".

ilustrasi fitur Chat Lock di WhatsApp BetaWhatsApp ilustrasi fitur Chat Lock di WhatsApp Beta
Data sidik jari Anda diambil dari data yang sudah direkam ponsel. Jadi, Anda tidak perlu melakukan pemindaian sidik jari lagi, kecuali Anda belum mendaftarkan sidik jari ke pengaturan ponsel.

Bila Anda tidak memasang gembok apapun di ponsel, Anda akan diminta mengaturnya terlebih dahulu melalui menu Pengaturan (Setting) ponsel, sehingga chat di WA bisa dikunci.

Cara kunci pesan WhatsAppKompas.com/Bill Clinten Cara kunci pesan WhatsApp

Cara kunci pesan WhatsAppKompas.com/Bill Clinten Cara kunci pesan WhatsApp

Dengan mengikuti cara di atas, chat/grup yang Anda pilih akan disamarkan dari bar notifikasi maupun daftar obrolan, sehingga tidak mudah dibaca atau diintip oleh orang sembarangan.

Adapun chat dari kontak atau grup yang dikunci bisa diakses pada tab khusus "Locked chat" (Chat yang dikunci), terletak di atas menu "Archived" (Diarsipkan).

Menurut keterangan Meta, pengguna bisa memakai sistem keamanan yang terpasang di ponsel, semisal kunci sidik jari atau kata sandi.

Namun, pantauan KompasTekno di aplikasi WhatsApp versi beta 2.23.10.19 (Android), baru tersedia opsi kunci pesan WA memakai sidik jari.

Baca juga: WhatsApp Rekam Suara Pengguna Tanpa Izin, Ngaku Bukan Salah Mereka

Meski sistem keamanan ponsel diatur dengan kata sandi, opsi kunci pesan WA hanya tersedia dengan sidik jari. Tampaknya opsi pengamanan lainnya baru akan tersedia secara bertahap, seiring bergulirnya fitur Chat Lock ke semua pengguna.

Ke depannya Meta berkata akan menambahkan lebih banyak opsi kunci pesan WhatsApp, termasuk agar fitur yang sama bisa diterapkan pada perangkat lain dengan akun yang sama serta penggunaan kata sandi custom agar berbeda dengan kata sandi yang dipakai di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com