Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digadang-gadang Jadi Perangkat Canggih, 3 Produk Apple Ini Malah Gagal Rilis

Kompas.com - 29/05/2023, 08:05 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple dikenal sebagai perusahaan teknologi ternama yang melahirkan inovasi. Kecanggihan produknya bahkan beberapa kali menyelamatkan pengguna dari insiden yang mengancam nyawa.

Namun di balik kesuksesan Apple itu, ada pula berbagai produk yang batal dirilis ke publik. Alasannya beraneka ragam, mulai dari produk yang memang ditujukan untuk penelitian saja, hingga produk yang gagal memenuhi standar perusahaan.

Produk-produk itu awalnya terungkap dari serangkaian bocoran di internet, tetapi tak pernah dirilis oleh Apple secara resmi. Apa saja produk tersebut? Berikut rinciannya.

Baca juga: Apple Mulai Jual Mac Mini M2 dan Mac Mini M2 Pro Versi Rekondisi

1. Magic Charger

Magic Charger adalah dock charger dari Apple yang dilengkapi dengan lapisan pengisi daya seperti MagSafe.

Sederhananya, perangkat ini adalah aksesori yang bisa mengisi daya perangkat tertentu. Sayangnya aksesori ini tidak pernah rilis atau diumumkan ke publik.

Sejumlah kolektor mendapat prototipe dari Magic Charger mengatakan bahwa Magic Charger ini terbuat dari material aluminium dengan desain yang fleksibel, bisa diatur posisinya.

Perangkat itu dilengkapi dengan kabel USB-C yang dapat dipasang pengguna ke perangkat lainnya.

Dari desainnya sendiri tampaknya Magic Charger ditujukan untuk mengisi daya iPhone, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Senin (29/5/2023).

Pasalnya perangkat yang dihubungkan ke Magic Charger tidak dapat diposisikan dalam orientasi portrait, melainkan hanya lanskap.

Konsep ini pula yang ditaksir menjadi alasan Apple membatalkan proyek Magic Charger, mengingat aksesori serupa lainnya mendung pengisian perangkat dalam posisi lanskap maupun portrait.

2. AirPower

Lain dengan Magic Charger yang produknya dikembangkan diam-diam, AirPower cukup populer karena sempat diumumkan Apple di tahun 2017, tepatnya dalam peluncuran iPhone X.

AirPower merupakan pengisi daya nirkabel berbasis standar Qi, sehingga bisa dipakai untuk mengisi daya iPhone, Apple Watch hingga cangkang AirPods dalam waktu bersamaan.

Charger nirkabel Apple AirPowerApple Charger nirkabel Apple AirPower

Karena konsepnya mampu mengisi daya aneka perangkat sekaligus, Apple harus memutar otak agar lapisan AirPower bisa mengakomodasi semua perangkat saat diisi daya.

Sayangnya konsep itu tidak bisa diwujudkan Apple sepenuhnya. Pada akhirnya perusahaan mengumumkan bahwa AirPower dibatalkan pada 2019.

Baca juga: Apple Uji Coba Chip M3 dan M3 Pro, Ini Bocoran Spesifikasinya

3. Dual port iPad

Konsep ini juga tidak pernah dirilis ke publik. Namun sejumlah kalangan mendapatkan iPad generasi pertama dengan port ganda.

Kedua port itu tampak identik, tetapi penempatannya berbeda. Satu port berada di bagian bawah dan port lainnya di sisi kiri tablet.

iPad dual port@1nsane_dev iPad dual port

Dilansir dari XDA Developers, port ganda itu tampaknya ditujukan Apple untuk mendukung penggunaan dock, keyboard atau aksesori lain ketika iPad dipasang dalam orientasi lanskap.

Yang menarik, kedua port itu bisa dipakai bersamaan, sehingga memungkinkan pengguna memakai dua kabel sekaligus. Sayangnya konsep ini tidak benar-benar dipakai Apple untuk iPad yang dijual ke konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com