Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple WWDC 2023 Digelar Senin 5 Juni, Apa yang Bakal Dirilis?

Kompas.com - 02/06/2023, 19:05 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Acara kumpul-kumpul developers (pengembang) tahunan yang digelar Apple, yakni World Wide Developer Conference (WWDC) 2023 bakal digelar sebentar lagi.

Apple mengumumkan bahwa WWDC 2023 bakal berlangsung selama lima hari pada 5–9 Juni 2023. Rangkaian acara yang berlangsung bakal digelar secara hybrid, alias daring (online) sekaligus luring (offline) di Apple Park, Cupertino, California.

Biasanya, dalam ajang WWDC 2023, Apple bakal merilis atau memperkenalkan sejumlah produk terbarunya, seperti hardware, software, dan pembaruan layanan Apple lainnya.

Merujuk pada bocoran yang mencuat di internet, Apple dikabarkan akan memperkenalkan produk hardware terbarunya yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Perangkat tersebut adalah headset augmented reality (AR) pertama bikinan Apple.

Baca juga: Digadang-gadang Jadi Perangkat Canggih, 3 Produk Apple Ini Malah Gagal Rilis

Kabar mengenai headset AR Apple ini pasalnya sudah terendus sejak 2017 lalu. Kemudian, pada 2020 lalu, Apple resmi mengakuisisi perusahaan penyedia konten VR (virtual reality) bernama NextVR. NextVR menyediakan konten untuk sejumlah produsen perangkat VR, salah satunya Oculus milik Facebook.

Desas-desus ini pun semakin memperkuat asumsi bahwa Apple bakal segera memperkenalkan heaset AR pertamanya. Perangkat tersebut konon akan diperkenalkan di acara WWDC 2023 mendatang, seperti yang dikutip KompasTekno dari CNET, Jumat (2/6/2023).

Selain headset VR, produk lainnya seperti tablet, laptop, dan pembaruan iOS juga akan dirilis bersamaan di WWDC 2023. Berikut adalah rinciannya.

Headset VR Apple

Headset VR Apple jadi salah satu perangkat yang cukup disorot oleh sejumlah konsumen dan pengembang di ajang WWDC 2023 ini. Perangkat tersebut kabarnya akan menjalankan sistem operasi baru bernama “xrOS”.

Headset pertama bikinan Apple ini juga disebut dapat memanfaatkan realitas campuran, seperti mengombinasi virtual reality dengan augmented reality.

Dengan gabungan teknologi tersebut, Apple diyakini bakal mematok harga yang cukup tinggi untuk headset bikinannya. Harga jualnya diprediksi sekitar 3.000 dollar AS atau setara dengan Rp 44,89 juta (estimasi kurs RP 14.966).

Menurut laporan dari reporter teknologi Bloomberg, Mark Gurman, Apple memang sedang berencana mengintegrasikan aplikasi olahraga, game, dan aplikasi iPad lainnya ke dalam headset VR barunya. Perangkat tersebut kabarnya bakal berfokus pada aktivitas fitness.

Namun, belum diketahui apakah upaya Apple mampu menarik perhatian sejumlah pengembang dan konsumen untuk ikut bergabung mengembangkan atau membeli teknologi tersebut.

Belum diketahui juga bagaimana bentuk bodi dan keunggulan lainnya dari headset AR baru Apple.

MacBook Air 15 inci

Ilustrasi MacBook Pri 13 inci dengan chip baru Apple, M2.MacRumors Ilustrasi MacBook Pri 13 inci dengan chip baru Apple, M2.

Perangkat kedua yang bakal turut diperkenalkan adalah MacBook Air 15 inci. Jika prediksi ini sesuai, MacBook Air generasi baru bakal punya layar yang lebih besar dibanding pendahulunya.

Halaman:
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com