Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Xiaomi 14 Series, Pakai Snapdragon 8 Gen 3?

Kompas.com - 05/07/2023, 18:08 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Xiaomi disinyalir tengah menyiapkan lini smartphone flagship terbarunya, yaitu Xiaomi 14 series. Meski kehadirannya belum dikonfirmasi secara resmi, bocoran terkait Xiaomi 14 mulai beredar di media sosial.

Terbaru, Xiaomi disebut akan menghadirkan Xiaomi 14 "reguler" dan Xiaomi 14 Pro. Kedua flagship ini diklaim bakal diotaki oleh System-on-Chip (SoC) besutan Qualcomm, yang konon akan bernama Snapdragon 8 Gen 3.

Informasi ini dibocorkan oleh pembocor gadget kenamaan, Digital Chat Station, di media sosial Weibo. Xiaomi 14 bahkan disinyalir akan menjadi salah satu ponsel pertama yang mengandalkan chipset Snapdragon 8 Gen 3 tersebut.

Adapun chipset Snapdragon 8 Gen 3 sendiri sebenarnya belum diluncurkan. Namun, Qualcomm biasanya merilis chipset flagship terbaru mereka menjelang akhir tahun. 

Baca juga: Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8 Gen 2, Chip Flagship untuk HP Android Teratas

Seperti pada tahun lalu, Qualcomm merilis Snapdragon 8 Gen 2 pada November 2022. Jika mengikuti pola penamaan, maka chipset flagship yang dirilis tahun ini kemungkinan adalah Snapdragon 8 Gen 3.

Nah, kabar yang beredar mengatakan bahwa chipset ini bakal dirilis pada 24 Oktober 2023, tepatnya pada acara Snapdragon Summit 2023 di Maui, Hawaii.

Sehingga kemungkinan Xiaomi 14 series ini akan diperkenalkan setelah tanggal peluncuran Snapdragon 8 Gen 3 tersebut.

Mengintip konfigurasi spesifikasinya, chipset Snapdragon 8 Gen 3 dirumorkan bakal terbagi menjadi tiga klaster. Klaster pertama terdiri dari Cortex-X4 sebagai satu inti utama.

Kemudian, klaster kedua terdiri dari lima inti Cortex-A720, sedangkan klaster ketiga adalah dua inti dari Cortex-A520. Sementara unit pengolah grafis (GPU) disebut bakal mengandalkan Adreno 750.

Pengolah grafis tersebut diklaim mengalami peningkatan kinerja dibanding pendahulunya, Snapdragon 8 Gen 2. Kendati demikian, tidak dirincikan peningkatan apa saja yang akan dilakukan.

Kembali ke Xiaomi 14, konon ponsel ini bakal disokong baterai berkapasitas 4.680 mAh dengan teknologi pengisian cepat via kabel 90 Watt, dan nirkabel 50 Watt.

Di sisi lain, Xiaomi 14 Pro ditopang baterai yang lebih jumbo dengan kapasitas 5.000 mAh.

Smartphone anyar ini kabarnya akan mendukung fast charging via kabel berdaya 120 Watt dan nirkabel 50 Watt, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Rabu (5/7/2023).

Lebih dari itu, Digital Chat Station tidak mengumbar informasi lainnya seputar Xiaomi 14 series. Meskipun begitu, sebelumnya sudah ada berbagai bocoran terkait Xiaomi 14 Pro.

Baca juga: 10 Ponsel Xiaomi Ini Tak Lagi Dapat Update Software

Bocoran desain Xiaomi 14 Pro

Menurut pembocor gadget kenamaan Ice Universe, Xiaomi 14 Pro akan memiliki layar yang luas dan bezel (bingkai layar) yang sangat tipis di keempat sisinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com