Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata Tsunami Fakta, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Medsos

Kompas.com - 15/07/2023, 18:03 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, di media sosial (medsos) seperti Twitter, terdapat bahasa gaul yang lagi ramai dipakai pengguna, yaitu kata “tsunami fakta”. Sebagian dari Anda mungkin juga sudah melihat kata itu muncul di linimasa medsos.

Jika dilihat di Twitter, kata tsunami fakta kerap disematkan pengguna pada sebuah pendapat atau peristiwa tertentu. Salah satu contohya bisa dilihat lewat twit dari akun dengan handle @teppy87, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Arti Istilah “Touch Some Grass” yang Ramai di Twitter Belakangan Ini

Pada twit itu, pengguna mengatakan tsunami fakta dibarengi dengan gambar yang memuat pendapat tertentu. Kemudian, kebiasaan penggunaan kata ini yang disematkan pada sebuah pendapat tertentu juga bisa dilihat pada twit dari akun @irarizfq di bawah ini.

Di twit tersebut, pengguna menulis kata tsunami fakta, kemudian berlanjut dengan menyampaikan pendapat mengenai sistem pendidikan. Tidak hanya muncul untuk menyertai pendapat, kata tsunami fakta juga ada di meme.

Contoh gambar berisi pesan tertentu atau meme tsunami fakta bisa dilihat pada twit yang diunggah oleh akun dengan handle @haechaal, sebagaimana tertera di bawah ini.

Dengan ramainya pengguna yang memakai kata ini, lantas apa yang dimaksud dengan tsunami fakta? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai arti tsunami fakta yang ramai di medsos.

Baca juga: Arti Istilah “Why We Can’t Go to War Together” yang Ramai di Media Sosial

Arti tsunami fakta yang lagi ramai di medsos

Tsunami fakta tak bisa dipahami secara harfiah. Dalam arti tekstual, tsunami berarti gelombang laut yang sangat dahsyat, sedangkan fakta merupakan sesuatu hal yang benar-benar ada atau terjadi.

Namun, bila dilihat dari kebiasaan pengguna di medsos, arti tsunami fakta dapat dipahami sebagai banyaknya fakta atau fakta yang sangat banyak atas sebuah hal. Tsunami fakta adalah ungkapan atas banyaknya fakta pada sebuah peristiwa atau pendapat.

Tsunami fakta biasa dipakai pengguna untuk menegaskan kebenaran dari pendapat orang lain atau peristiwa tertentu. Dari kebiasaan ini, tak heran bila banyak pengguna yang memakai kata tsunami fakta dengan dibarengi penjelasan pendapat atau peristiwa tertentu.

Tak bisa diketahui secara pasti kapan dan siapa yang mulai mempopulerkan kata tsunami fakta di medsos. Akan tetapi, kata tsunami fakta tampaknya tidak muncul baru-baru ini. Di Twitter, kata tsunami fakta punya beberapa variasi.

Beberapa variasi kata tsunami fakta antara lain, seperti kata “banjir fakta”, kata “kebanjiran fakta”, dan istilah “tidak sanggup melihat fakta seterang ini”. Semua variasi kata itu punya makna yang serupa dengan kata tsunami fakta.

Baca juga: Arti Kata My Shampoo and Conditioner Ran Out at the Same Time yang Viral di Medsos

Kata dan istilah itu juga dipakai untuk menegaskan kebenaran dari pendapat atau peristiwa tertentu. Demikianlah penjelasan mengenai arti tsunami fakta yang merujuk pada banyaknya fakta dalam sebuah peristiwa atau pendapat, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com