Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Delegate Meluncur Gantikan TweetDeck, Gratis!

Kompas.com - 22/07/2023, 07:31 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter meluncurkan fitur baru sebagai alternatif pengguna reguler mengakses TweetDeck. Fitur tersebut bernama “Twitter Delegate” atau Delegasi Twitter.

“Fitur baru Twitter Delegate sudah meluncur. Fitur ini memungkinkan sejumlah orang mengoperasikan satu akun (misal: akun bisnis) yang serupa dengan tim TweetDeck," tulis T(w)itter Daily News, Rabu (19/7/2023).

"Akan tetapi, fitur ini terintegrasi langsung dengan standar Twitter versi web,” lanjutnya.

Sebelumnya, Twitter mengumumkan TweetDeck 2.0, layanan desktop streamreader (pengelola aliran twit) yang kini menjadi berbayar, alias tak gratis lagi.

Baca juga: TweetDeck Wajib Berbayar, Versi Lama Masih Gratis

Versi TweetDeck terbaru itu mengharuskan pengguna terlebih dulu berlangganan Twitter Blue. Nah, Twitter Delegate yang baru dirilis ini menjadi solusi layanan serupa namun tetap gratis.

Fitur Twitter Delegate sudah bisa diakses di Twitter versi web. Keunggulan yang ditawarkan pada dasarnya sama dengan fitur TweetDeck.

Pengguna dapat menetapkan izin akun ke pengguna lain, memungkinkan anggota tim mengunggah akun yang dipilih, dan memudahkan proses pengelolaan konten.

Pantauan KompasTekno, Sabtu (22/7/2023), fitur baru tersebut sudah bisa dijajal oleh pengguna di Indonesia. Fitur ini muncul ketika pengguna mengunjungi halaman “Settings and privacy” (pengaturan dan privasi).

Di menu Your Account, terdapat tulisan “TweetDeck Teams” yang sudah tertulis “TweetDeck Teams Moved”. Artinya fitur tim di dalam TweetDeck sudah dihapus dan dialihkan ke Twitter Delegate.

Pantauan KompasTekno, Jumat (21/7/2023), fitur Twitter Delegate sudah bisa diakses oleh pengguna di IndonesiaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Pantauan KompasTekno, Jumat (21/7/2023), fitur Twitter Delegate sudah bisa diakses oleh pengguna di Indonesia

Pengguna juga diminta untuk mengunjungi laman pengaturan keamanan. Di sana, pengguna sudah dapat mengakses fitur Delegate. Terdapat sejumlah pengaturan, seperti memperbolehkan akun lain mengundang pengguna ke akun mereka dan bergabung dalam tim Delegate.

Pengguna dapat mengatur siapa saja yang diperbolehkan melakukan undangan ajakan, apakah seluruh orang secara umum atau hanya orang tertentu yang diikuti saja (following).

Sementara untuk membuat delegasi sendiri, pengguna dapat mengajak akun lain dengan mengetik nama atau handle (misal: @teknokompas) akun tersebut.

Baca juga: Pakai TweetDeck Harus Bayar Mulai Agustus, Berapa?

Usai memilih akun yang ingin diundang, pengguna dapat mengatur peran akun tersebut di dalam Twitter Delegate. Pilihan yang ditawarkan adalah Admin atau Contributor. Nah, orang yang membuat Twitter Delegate ini akan langsung otomatis menjadi pemilik (owner).

Owner dapat mengatur kata sandi, nomor ponsel, dan proses verifikasi akun. Pemilik juga dapat mengundang dan memberikan izin akses ke akun lain sebagai admin ataupun kontributor. Izin akses yang diberikan adalah menjadwalkan, menghapus twit, hingga menciptakan “Lists”.

Sementara itu, admin dimungkinkan untuk mengundang serta memberi akses akun lain sebagai admin ataupun kontributor. Admin dapat melakukan beberapa perintah seperti mendelegasikan akun (Tweet, Retweet, DM, Likes, dkk), mirip seperti owner.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com