Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghapus Akun Twitter yang Lupa Password dan E-mail

Kompas.com - 15/07/2023, 16:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Akun Twitter yang telah lama tidak digunakan oleh pengguna biasanya cenderung ingin dihapus. Namun, masalahnya adalah pengguna tak jarang sering melupakan e-mail dan password akun lama yang sudah tidak digunakan.

Hal ini yang menyulitkan pengguna untuk menghapus akun Twitter lama mereka. Padahal saat akan menghapus akun Twitter, pengguna memerlukan e-mail dan password untuk membantu penghapusan akun tersebut.

Namun tidak perlu khawatir, pengguna masih bisa menghapus akun Twitter dengan bantuan laman Bantuan Twitter. Melalui laman tersebut, pengguna masih bisa mengajukan penghapusan akun Twitter. Bagaimana prosedur menghapus akun Twitter yang lupa password dan e-mail? Selengkapnya, berikut ini langkah-langkahnya.

Baca juga: Twitter Diusir dari Kantornya gara-gara Tunggak Biaya Sewa Gedung

Cara menghapus akun Twitter tanpa e-mail dan password

cara hapus twitter tanpa email dan passwordKompas.com/soffyaranti cara hapus twitter tanpa email dan password

  • Pertama, Anda harus menuju laman Help Twitter pada tautan berikut ini
  • Pilih "Account Access"
  • Nantinya, Anda akan menemukan halaman "I'm having problems with account access"
  • Selanjutnya, pilih menu drop-down "I want to deactivate my Twitter account, but I cannot access the e-mail address or phone number..."
  • Pilih "This is a personal account"
  • Tulis e-mail lain cadangan agar Twitter dapat menghubungi Anda
  • Gulir ke bawah dan temukan "Describe the problem you're having"
  • Selanjutnya, deskripsikan masalah yang Anda hadapi. Anda bisa menggunakan template berikut ini

"Dear Twitter Support,
I need your help deleting an old Twitter account that I've lost access to. The handle for this account is [insert your old Twitter handle]. I've forgotten the email and password associated with the account and haven't been able to access it for some time now.
I know that Twitter usually requires account owners to delete their own accounts, but since I can't access this one anymore, I'm hoping you can help me out.
Can you please delete this account for me? I'd really appreciate it. If you need any more information or verification from me, just let me know, and I'll be happy to provide it.
Thanks for your help!
[Your Name]". Selanjutnya, klik "Submit"

Menunggi verifikasi

Langkah selanjutnya adalah Anda hanya perlu menunggu. Twitter biasanya memerlukan waktu antara 48 dan 72 jam untuk membalas pesan dan melakukan verifikasi akun Anda. Twitter akan menghubungi Anda melalui e-mail yang telah dilampirkan

Konfirmasi pengguna

Tahap selanjutnya adalah Twitter perlu mengonfirmasi bahwa Anda merupakan pemilik akun yang ingin dihapus. Karena Anda tidak memiliki akses e-mail dan password yang terkait dengan akun, maka terdapat tiga kemungkinan cara yang dilakukan Twitter untuk melakukan verifikasi identitas diri.

  • Twitter bisa jadi meminta bukti identitas Anda, seperti KTP, paspor, atau SIM
  • Jika pemilik akun lama meninggal dunia, bisa jadi Twitter meminta salinan akta kematian yang dipindai
  • Twitter bisa jadi menanyakan dokumen atau persyaratan lain kepada Anda, seperti alamat e-mail yang digunakan untuk masuk ke akun, atau informasi spesifik terkait dengan profil

Setelah Anda mengirim dokumen ke Twitter melalui e-mail, proses penghapusan akun Twitter lama akan dimulai. Apabila verifikasi sukses dilakukan, Twitter akan mulai melakukan penonaktifan akun Anda selama 30 hari. Apabila selama 30 hari Anda tidak masuk ke akun Twitter, maka profil akan dihapus seluruhnya.

Baca juga: Mantan Karyawan Twitter Bikin Medsos Spill

Selain itu, pengguna Twitter lain juga tidak akan dapat melihat akun Twitter yang dinonaktifkan meskipun periode penonaktifan 30 hari belum selesai. Demikian cara menghapus akun Twitter yang lupa password dan e-mail. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menuju laman help.twitter.com.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com