Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ubah Foto HEIC ke JPG di iPhone, Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - 10/09/2023, 11:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa pengoperasian dasar iPhone yang perlu diketahui, salah satunya seperti cara mengubah foto berformat HEIC ke JPG. Cara tersebut biasanya bakal diperlukan ketika pengguna hendak mengunggah foto HEIC di iPhone ke platform lain.

Baca juga: 2 Risiko Ganti Baterai iPhone yang Perlu Diketahui, Perhatikan

Sebagai informasi, HEIC merupakan format gambar yang punya ukuran dua kali lebih ringan dari JPG dengan kualitas yang sama. Meski lebih ringan, foto berformat HEIC bisa dibilang kurang kompatibel untuk dipakai di berbagai platform.

Di iPhone, pada setelan default, kamera bakal secara otomatis menghasilkan foto berformat HEIC. Lantaran foto HEIC itu kurang kompatibel untuk dipakai di berbagai platform, pengguna akhirnya butuh untuk mengubah foto itu agar berformat JPG.

Lantas, bagaimana cara mengubah format HEIC ke JPG di iPhone? Cara mengubah format HEIC ke JPG di iPhone itu cukup mudah. Pengguna bisa mengubah tanpa harus memakai aplikasi tambahan.

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengubah format HEIC ke JPG di iPhone, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: iPhone 15 Rilis 12 September, Harga iPhone 14 Kini Turun Rp 2 jutaan

Cara mengubah format HEIC ke JPG di iPhone

  • Buka galeri foto di iPhone.
  • Pilih foto format HEIC yang ingin diubah ke JPG.
  • Pada foto itu, usap ke atas atau tekan ikon “i” untuk membuka halaman informasi foto dan pilih opsi “Bagikan”.
  • Selanjutnya, klik opsi “Copy” atau “Salin”.
    Ilustrasi cara mengubah HEIC ke JPG di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengubah HEIC ke JPG di iPhone.
  • Setelah disalin, silakan buka aplikasi bawaan Files di iPhone.
  • Buka folder yang berlokasi “di iPhone Saya”.
  • Kemudian, tempel foto format HEIC tadi ke folder tersebut.
  • Terakhir, setelah berhasil tertempel, foto bakal secara otomatis diubah formatnya menjadi JPG atau JPEG.

Ilustrasi cara mengubah HEIC ke JPG di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengubah HEIC ke JPG di iPhone.

Jadi, sesuai penjelasan di atas, dalam mengubah HEIC ke JPG, pengguna hanya membutuhkan aplikasi bawaan Files di iPhone. Selain dengan cara di atas, pengguna juga bisa memanfaatkan layanan online konversi foto HEIC ke JPG.

Di internet, banyak tersedia website yang menyediakan layanan online konversi foto HEIC ke JPG. Cukup mudah bukan cara mengubah format HEIC ke JPG di iPhone? Sebagai informasi tambahan, jika tak ingin repot mengonversi terus, terdapat caranya.

Pengguna sejatinya dapat mengubah pengaturan kamera agar menghasilkan foto berformat JPEG atau JPG, bukan HEIC. Caranya tinggal buka menu pengaturan di iPhone dan pilih menu “Kamera”.

Setelah itu, pada bagian pengaturan “Format”, pilih opsi pengambilan foto dengan format “Paling Kompatibel”. Ketika opsi tersebut dipilih, foto yang tertangkap dari kamera iPhone untuk seterusnya bakal berformat JPG.

Baca juga: Rilis 4 Tahun yang Lalu, Apakah iPhone 11 Sekarang Masih Layak Dibeli?

Jadi, pengguna tak perlu repot untuk mengonversi foto dari berformat HEIC ke JPG. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara mengubah format HEIC ke JPG di iPhone dengan mudah tanpa aplikasi tambahan, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com