Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Game "Assassin's Creed" Kembali Lakukan PHK, 124 Karyawan Terdampak

Kompas.com - 09/11/2023, 18:45 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Kotaku

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat game waralaba Assassin's Creed, Ubisoft kembali mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) alias layoff kepada sejumlah karyawannya pekan ini.

Dalam pernyataan resmi yang diterima situs web seputar game Kotaku, Ubisoft menyebut bahwa mereka terpaksa mem-PHK 124 karyawan yang berasal dari studio efek visual (VFX) asal Kanada, Hybride dan divisi teknologi (IT) di tim global Ubisoft.

Dari 124 karyawan tersebut, 98 di antaranya berasal dari Kanada, dan sisanya berasal dari tim global Ubisoft.

Pemilik judul-judul game populer, seperti Far Cry dan Tom Clancy's, Watch Dogs ini mengatakan perusahaan terpaksa melakukan PHK demi mengoptimalkan bisnis, supaya bisa berjalan dengan baik dan lancar di jangka panjang.

"Hari ini kami mengumumkan PHK terhadap 124 karyawan kami di Hybride dan tim global di divisi IT. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk mengoptimalkan operasi dan bisnis kami di masa depan," tulis Ubisoft.

"Ke depannya, proses transisi karyawan yang terdampak PHK akan kami dukung sepenuhnya, dan kami akan memberikan benefit sesuai dengan kebijakan dan aturan ketenagakerjaan yang berlaku di negara mereka," tambah Ubisoft.

Baca juga: Assassins Creed Mirage Meluncur untuk PC dan Konsol, Ini Harganya di Indonesia

Sebelumnya, Ubisoft juga telah melakukan PHK pada September 2022 lalu. Kala itu, mereka disebut melakukan layoff terhadap lebih dari 1.000 karyawan secara global, sehingga total karyawan mereka berkurang dari 20.729 ke 19.410 orang.

Menurut Ubisoft, kebijakan ini dilakukan untuk menghemat uang perusahaan senilai 215 juta dollar AS (sekitar Rp 3,3 triliun), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Kotaku, Kamis (9/11/2023).

Hal ini juga dilakukan sebagai efek dari mandeknya pengembangan beberapa game baru, seperti Beyond Good and Evil 2 dan Skull and Bones, yang kabarnya menguras kas perusahaan secara terus menerus.

Baca juga: Ubisoft Umumkan Deretan Game Anyar, Ada Assassins Creed dan Star Wars

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kotaku
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com