Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Manfaat Backup Data yang Perlu Diketahui dan Cara Melakukannya

Kompas.com - 21/01/2024, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya penting untuk mengetahui manfaat backup data dan cara melakukannya. Backup data merupakan salah satu tindakan yang umum diketahui saat ini. Meski telah umum, beberapa pengguna mungkin belum perhatian terhadap backup data.

Padahal, backup data merupakan tindakan yang cukup penting dilakukan, terutama untuk menghindari terjadinya kehilangan data yang penting. Lantas, sebenarnya apa manfaat dari backup data?

Baca juga: Pengertian Storage Device, Lengkap dengan Jenis, Tipe, Contoh, dan Fungsinya

Manfaat backup data

Ada beberapa manfaat backup data yang penting untuk diketahui. Misalnya, dengan backup data, pengguna bisa mencegah timbulnya masalah kehilangan data di komputer atau perangkat lainnya akibat berbagai faktor

Untuk lebih lengkapnya, adapun beberapa manfaat backup data yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

1. Mencegah kehilangan data

Backup data membantu mencegah kehilangan data yang berharga akibat kegagalan perangkat keras, serangan virus, atau kesalahan pengguna. Dengan backup, data dapat dipulihkan jika terjadi kejadian yang merugikan.

2. Memulihkan data dengan cepat

Proses backup memungkinkan pemulihan cepat setelah kehilangan data. Dengan memiliki salinan data, organisasi atau individu dapat mengurangi waktu pemulihan yang cukup lama.

3. Melindungi dari serangan malware

Backup menyediakan lapisan perlindungan tambahan dari serangan malware. Jika data terkena serangan malware, salinan data yang tidak terpengaruh dapat digunakan kembali dengan kondisi yang normal.

4. Melindungi dari kerusakan perangkat keras

Dalam kasus kerusakan perangkat keras seperti hard drive atau server yang rusak, backup bisa menjadi penyelamat. Data yang telah dicadangkan di media lain dapat dipulihkan kembali, sehingga pengguna tidak kehilangan informasi penting.

5. Memelihara konsistensi data terbaru

Backup dapat membantu memelihara konsistensi data dengan menyimpan salinan terbaru dari informasi yang ada. Backup dapat memastikan bahwa versi terbaru dari file atau dokumen dapat diakses dan dipulihkan sesuai kebutuhan.

6. Melindungi data dari kesalahan tindakan pengguna

Kesalahan tindakan pengguna dalam hal mengelola data seperti menghapus file secara tidak sengaja dapat diatasi dengan menggunakan backup. Data yang hilang dapat dipulihkan dari salinan terakhir yang tersedia.

7. Meningkatkan efisiensi operasional

Dengan memiliki sistem backup yang baik, perusahaan dapat beroperasi lebih efisien karena tidak perlu menghabiskan waktu dan sumber daya untuk mencari data yang hilang. Backup menyediakan akses cepat dan mudah terhadap data yang dibutuhkan.

8. Mengurangi kerugian operasional

Backup data bermanfaat juga untuk mengurangi kerugian operasional pada organisasi atau perusahaan saat kehilangan data. Data yang hilang dapat dipulihkan kembali secara cepat dan efisien melalui data yang sudah dicadangkan.

Itulah penjelasan mengenai beberapa manfaat backup data. Perlu diketahui, dalam backup data, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Lantas, bagaimana cara backup data? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah langkah-langkah backup data.

Cara backup data

1. Menggunakan Hard Disk eksternal

Cara backup data yang pertama adalah dengan menggunakan perangkat penyimpanan Hard Disk atau Hard Drive eksternal. Saat ini, terdapat dua jenis Hard Disk eksternal yang tersedia, yakni HDD (Hard Disk Drives) dan SSD (Solid State Drives).

Untuk mencadangkan data menggunakan Hard Disk eksternal, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Adapun cara backup data melalui Hard Disk eksternal adalah sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com