Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel-ZTE Uji Coba Teknologi 5G-A dan Layanan Jaringan Berbasis AI

Kompas.com - 28/02/2024, 10:51 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel menjalin kerja sama dengan penyedia teknologi seluler asal China, ZTE Corporation (ZTE) untuk menguji coba teknologi 5G Advanced (5G-A) dan layanan jaringan berbasis kecerdasan buatan (AI).

Kolaborasi Telkomsel dan ZTE diumumkan lewat penandatanganan Strategic Partnership Agreement (SPA) antara kedua pihak, yang dilakukan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 yang digelar di Fira Gran Via, Barcelona, Spanyol, Selasa (27/2/2024).

Melalui kolaborasi tersebut, Telkomsel dan ZTE akan mengkaji sejumlah solusi teknologi jaringan termutakhir yang dapat menghadirkan pengalaman jaringan telekomunikasi berkecepatan tinggi bagi konsumen di Indonesia.

Beberapa solusi tersebut meliputi Network Edge AI, 5G Advanced, dan Intelligent Home Network.

 Baca juga: Telkomsel dan ZTE Kerja Sama Solusi 5G untuk Enterprise

Uji coba pemanfaatan jaringan Network Edge AI diharapkan dapat mendukung efisiensi energi dan sumber daya dengan memperhitungkan beban jaringan, sehingga akan meningkatkan pengalaman jaringan secara keseluruhan.

Kemudian untuk 5G-A, uji coba ini akan menghadirkan teknologi Reconfigurable Intelligent Surface (RIS) untuk mengoptimalkan jangkauan sinyal dan RedCap. Hal ini juga bisa dipakai sebagai solusi untuk menyederhanakan implementasi perangkat IoT dan 5G di industri yang dianggap cukup rumit.

Beralih ke uji coba solusi Intelligent Home Network, dalam hal ini, Telkomsel nantinya akan menggunakan Smart Cloud Platform (SCP) dari ZTE.

Perangkat tersebut akan dikombinasikan dan dikelola dengan AI, Mesh Access Point (AP), IP Camera (IPC), dan Perangkat Fiber-to-the-Room (FTTR) untuk meningkatkan pengalaman menikmati konten hiburan.

Adapun berbagai alat yang dipakai dalam uji coba Intelligent Home Network ini diharapkan dapat melengkapi kualitas pengalaman pelanggan Telkomsel dan memperkuat kapabilitas Wi-Fi di rumah.

Dorong transformasi

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna (kiri depan) dan SVP ZTE Corporation, Mei Zhonghua (kanan depan), secara resmi menandatangani Strategic Partnership Agreement (SPA) antara Telkomsel dan ZTE di Mobile World Conference (MWC) 2024 Barcelona (27/2), disaksikan oleh Direktur Utama Telkomsel, Nugroho (tengah belakang), Executive Vice President and Chief Operating Officer of ZTE Corporation, Xie Junshi (kanan belakang), serta President Director of ZTE Indonesia, Richard Liang (kiri belakang).Telkomsel Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna (kiri depan) dan SVP ZTE Corporation, Mei Zhonghua (kanan depan), secara resmi menandatangani Strategic Partnership Agreement (SPA) antara Telkomsel dan ZTE di Mobile World Conference (MWC) 2024 Barcelona (27/2), disaksikan oleh Direktur Utama Telkomsel, Nugroho (tengah belakang), Executive Vice President and Chief Operating Officer of ZTE Corporation, Xie Junshi (kanan belakang), serta President Director of ZTE Indonesia, Richard Liang (kiri belakang).

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna mengatakan pengujian bersama ZTE ini dilakukan sebagai upaya untuk mengakselerasi transformasi digital, serta meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan melalui pemanfaatan teknologi terkini.

"Dengan sinergi kapabilitas teknologi jaringan Telkomsel dan ZTE untuk menghadirkan pengalaman internet berkecepatan tinggi yang lebih baik, stabil, dan andal, kami berharap dapat membuka lebih banyak peluang inovasi yang berdampak dan mendorong kemajuan secara inklusif dan berkelanjutan," kata Indra.

Baca juga: MWC 2024: Ookla Umumkan Telkomsel Operator Terbaik di Indonesia

Dalam kesempatan yang sama, Senior Vice President ZTE Corporation, Mei Zhonghua mengatakan kerja sama dengan Telkomsel dilakukan demi menghadirkan pengalaman konektivitas yang lebih cepat dan stabil, yang nantinya dapat digunakan dalam spektrum pengaplikasian yang lebih luas.

"Kepercayaan Telkomsel dalam menggunakan solusi teknologi ZTE selama bertahun-tahun menunjukkan standar kualitas layanan yang tinggi dan komitmen kami untuk selalu menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi, membuka jalan bagi konektivitas berkecepatan tinggi," jelas Zhonghua di kesempatan yang sama.

Baik Telkomsel dan ZTE tak menyebut kapan proses uji coba ini akan berlangsung, dan berapa lama kegiatan tersebut akan dilakukan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com