Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RFID Jadi Solusi Penyaluran Pupuk Bersubsidi yang Tepat Sasaran

Kompas.com - 28/02/2024, 09:51 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel Enterprise juga memiliki solusi di bidang agrikultur melalui Smart Agriculture. Salah satunya adalah sistem pelacakan menggunakan radio frequency identification (RFID).

RFID tracker berguna untuk melacak pengiriman barang, seperti pupuk bersubsidi, sehingga meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam rantai pasokan.

Solusi ini dibuat untuk semua pelaku industri agrikultur, baik itu perusahaan, pemerintahan, distributor, hingga bagi para petani.

"Solusi kami menawarkan sistem pelacakan pupuk bersubsidi yang kuat dan komprehensif, mengatasi risiko seperti pencurian, penyalahgunaan, dan transaksi yang tidak sah," ujar Vice President - Enterprise Product Enablement and Solutions Telkomsel, Hanang Setiohargo.

"Setiap karung pupuk ditandai dengan tag RFID, memungkinkan pelacakan real-time dari pembelian hingga distribusinya," lanjutnya.

Baca juga: Telkomsel Punya Solusi untuk Lacak Posisi Bagasi Pesawat

Ditambahkan Danang, dengan aplikasi di ponsel, sistem juga memfasilitasi transaksi pembelian antara petani dengan kiosk, memastikan bahwa pupuk bersubsidi itu sampai di tangan petani yang tepat.

Bagi perusahaan, solusi ini membantu melacak sistem tanpa adanya bottleneck, selain bisa juga mengurangi risiko kehilangan barang di gudang, serta menghemat biaya dan waktu.

Sementara bagi pemerintah, solusi RFID tracker ini bisa digunakan sebagai rujukan data distribusi yang transparan untuk analisis dan evaluasi, sehingga bisa mengoptimalkan program pupuk bersubsidi.

Bagi distributor, mereka bisa dengan mudah dan efisien melacak alokasi pupuk bersubsidi tersebut.

Terakhir bagi petani, mereka bisa mendapatkan hak mereka dengan mendapatkan alokasi pupuk bersubsidi.

Baca juga: Solusi Smart Highway: Bayar Tol Tak Perlu Berhenti Buka Jendela

Dengan memanfaatkan teknologi RFID dan aplikasi, Telkomsel Enterprise menyediakan platform yang aman bagi para petani dan operator kios untuk melakukan transaksi yang sah, sehingga mendorong integritas dan akuntabilitas dalam rantai pasokan pertanian.

"Melalui solusi inovatif ini, kami tidak hanya melindungi sumber daya yang berharga tetapi juga memberdayakan petani dan mendukung praktik pertanian yang berkelanjutan demi kesejahteraan jangka panjang," pungkas Danang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com