Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Cek Nama Kontak Kita di HP Orang Lain dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 29/02/2024, 16:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara cek nama kontak kita di HP orang lain kiranya menjadi salah satu cara yang menarik buat dicoba. Setiap orang pada dasarnya bisa menyimpan nomor telepon orang lain dengan nama sesuka hati.

Namun, kita terkadang ingin tahu bagaimana orang lain menyimpan nomor telepon kita di ponselnya. Saat ini, pengguna sangat memungkinkan untuk melihat nomor teleponnya disimpan dengan nama apa di HP orang lain.

Baca juga: 5 Penyebab Layar HP Bergaris yang Perlu Diketahui dan Cara Memperbaikinya

Lantas, bagaimana cara mengetahui nama kontak kita di HP orang lain? Cara melihat nama kontak kita di HP orang lain itu sejatinya cukup mudah. Pengguna bisa memanfaatkan beberapa aplikasi dengan layanan cek informasi kontak.

Lalu, aplikasi apa untuk melihat nama kontak kita di HP orang lain? Pengguna bisa memanfaatkan beberapa aplikasi dengan layanan cek informasi kontak seperti Getcontact, Me Caller ID, dan Truecaller.

Tiga aplikasi tersebut bisa menyajikan informasi nama atau tag yang diberikan pada nomor kita oleh orang lain. Getcontact, Me Caller ID, dan Truecaller itu punya cara kerja yang mirip dalam menyajikan informasi kontak.

Tiga aplikasi tersebut bakal mengidentifikasi nomor telepon sesuai database yang dimiliki. Adapun database tersebut dikumpulkan lewat cara crowdsourcing (urun daya). Database itu berisi riwayat para pengguna dalam memberikan nama atau tag pada nomor telepon.

Dengan aplikasi itu, pengguna bisa mengetahui nama kontaknya yang disimpan di HP orang lain. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengetahui nama kontak kita di HP orang lain lewat ketiga aplikasi tersebut adalah sebagai berikut.

Cara mengetahui nama kontak kita di HP orang lain

1. Cara cek nama kontak kita di HP orang lain via Getcontact

Ilustrasi cara cek nomor kontak kita di HP orang lain via Getcontact.Play Store Ilustrasi cara cek nomor kontak kita di HP orang lain via Getcontact.

  • Unduh aplikasi Getcontact di App Store (iPhone) atau Play Store (Android).
  • Setelah terinstal, buka aplikasi Getcontact dan login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Kemudian, masukkan nomor telepon yang hendak diketahui disimpan dengan nama apa oleh orang lain.
  • Terakhir, Getcontact bakal menyajikan daftar nama yang diberikan oleh para pengguna lain atas nomor telepon kita.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan, Mudah

2. Cara melihat nama kontak kita di HP orang lain via Truecaller

Ilustrasi cara mengetahui nama kontak kita di HP orang lain via Truecaller.App Store Ilustrasi cara mengetahui nama kontak kita di HP orang lain via Truecaller.

  • Unduh aplikasi Truecaller di App Store (iPhone) atau Play Store (Android).
  • Setelah terinstal, buka aplikasi Truecaller dan pastikan telah login akun. Untuk login, salah satunya bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, di kolom pencarian, masukkan nomor yang hendak diketahui disimpan dengan nama apa oleh orang lain.
  • Mulai pencarian dan Truecaller bakal menyajikan daftar nama yang diberikan oleh para pengguna lain atas nomor telepon tersebut.

3. Cara cek nama kontak kita di HP orang lain via Me Caller ID

Ilustrasi cara melihat nama kontak kita di HP orang lain via Me Caller ID.App Store Ilustrasi cara melihat nama kontak kita di HP orang lain via Me Caller ID.

  • Unduh aplikasi Me Caller ID di App Store (iPhone) atau Play Store (Android).
  • Kemudian, buka aplikasi Me Caller ID dan pastikan telah login akun.
  • Setelah berhasil masuk, silakan masukkan nomor telepon yang hendak dicek telah disimpan dengan nama apa saja, di kolom pencarian.
  • Selanjutnya, Me Caller ID bakal menyajikan daftar nama yang diberikan oleh para pengguna lain atas nomor telepon kita.

Cukup mudah bukan cara cek nama kontak kita di HP orang lain? Melalui cara-cara di atas, pengguna bisa mengetahui nama kontaknya yang tersimpan di HP orang lain dengan mudah dan praktis.

Perlu diketahui, selain untuk mengetahui nama kontak kita yang diberikan orang lain, ketiga aplikasi tersebut sejatinya juga dapat dipakai untuk mengidentifikasi nomor telepon asing, yang mungkin adalah penipu.

Lewat Getcontact, Truecaller, atau Me Caller ID, pengguna bisa melihat nama pada nomor asing yang diberikan oleh orang lain. Nomor penipu biasanya bakal dilabeli orang lain dengan nama “penipu” atau “spam”.

Jika banyak orang yang memberi nama nomor asing itu sebagai penipu, Getcontact, Me Caller ID, atau Truecaller akan turut memberikan peringatan bahwa nomor tersebut berpotensi berbahaya.

Baca juga: 15 Cara Mengatasi WiFI Lemot di HP dengan Mudah dan Praktis

Dari informasi itu, pengguna bisa melanjutkan tindakan untuk memblokir nomor asing yang teridentifikasi sebagai penipu. Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara melihat nama kontak kita di HP orang lain dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com