Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Hands-on Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G

Kompas.com - 07/03/2024, 13:31 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Xiaomi telah resmi meluncurkan lini ponsel Redmi Note 13 Series di Indonesia yang terdiri dari 5 model. Dari kelimanya, Redmi Note 13 Pro Plus 5G duduk di posisi teratas dengan spesifikasi tertinggi pula.

Fitur andalan Redmi Note 13 Pro Plus termasuk layar lebar beresolusi tinggi yang melengkung di kedua sisinya, fast charging berdaya besar, hingga kamera 200 MP dengan in-sensor zoom 4X.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 13 4G, Note 13 5G, Note 13 Pro 4G, dan Note 13 Pro 5G Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Di Indonesia, ponsel ini dijual seharga Rp 5.999.000. Dengan banderol tersebut, kira-kira selengkap apa aksesori Redmi Note 13 Pro Plus 5G dan seperti apa penampilannya?

Lengkap, ada charger 120 watt

Redmi Note 13 Pro Plus 5G datang dalam boks kemasan khas Xiaomi dengan warna dasar putih, dengan gambar perangkat yang bersangkutan di bagian muka.

Serangkaian booklet dan ucapan terima kasih di dalam boks Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Serangkaian booklet dan ucapan terima kasih di dalam boks Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G

KompasTekno berkesempatan menjajal varian warna Aurora Purple dari ponsel ini, seperti tercantum pula di bagian belakang kotak, bersama dengan beberapa keterangan spesifikasi.

Kelengkapan aksesori di dalamnya ternyata cukup lengkap. Selain booklet panduan singkat, garansi, serta ucapan terima kasih dari Xiaomi, ada case berwarna hitam dengan tekstur kesat mirip karet di dalam sebuah folder karton berwarna putih.

Di dasar kemasan terdapat kompartemen yang memuat charger dengan output 120 watt berikut kabel USB A ke USB C. Redmi Note 13 Pro Plus 5G memang mendukung fast charging dengan daya sebesar itu.

Rangkaian aksesori di kotak kemasan Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G versi ritel IndonesiaKOMPAS.com/ OIK YUSUF Rangkaian aksesori di kotak kemasan Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G versi ritel Indonesia

Desain baru, layar lengkung

Sebagai ponsel teratas di lini Redmi Note 13 Series, Redmi Note 13 Pro Plus 5G -terutama varian Aurora Purple- mengedepankan desain baru yang terlihat berbeda dari saudara-saudaranya.

Bagian frame di pinggiran perangkat memiliki bentuk flat alias rata, sementara pinggiran layarnya yang berdiagonal 6,67 inci (AMOLED, 2.712 x 1.220 piksel, 120 Hz) melengkung alias curved di sisi kanan dan kiri.

Baca juga: Xiaomi Indonesia Pastikan Redmi Note 13 Series Kebagian HyperOS, Kapan?

Layar yang mendukung HDR10+, Dolby Vision, dan cakupan color space DCI-P3 sebesar 100 persen tersebut turut dilapis kaca pelindung Gorilla Glass Victus dan dibekali pemindai sidik jari in-display.

Sisi belakang Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Sisi belakang Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G

Layar Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G menggunakan panel AMOLED 6,67 inci 120 HzKOMPAS.com/ OIK YUSUF Layar Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G menggunakan panel AMOLED 6,67 inci 120 Hz
Di kisaran 200 gram, bobot Redmi Note 13 Pro Plus 5G termasuk cukup ringan untuk ponsel seukurannya. Bagian belakang turut berlapis material kaca dengan finishing matte yang terasa kesat di tangan serta tidak mudah ternoda sidik jari.

Corak warna di punggung ponsel ini seakan membelahnya menjadi dua bagian. Sepertiga sisi atas yang memuat kamera terbagi-bagi dalam tiga kotak warna yang masing-masing mencakup rangkaian kamera belakang, LED flash, dan logo Redmi.

Redmi Note 13 Pro Plus 5G memiliki keluaran suara stereo dengan loudspeaker ganda yang juga mendukung Dolby Atmos. Sisi bawah perangkat memuat konektor USB C (2.0) dan laci SIM yang bisa dipasangi dua buah nano SIM dalam posisi saling membelakangi.

Sisi atas Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G (foto kiri) memuat IR Blaster dan loudspeaker kedua. Di samping kanan terdapat tombol pengatur volume dan tombol dayaKOMPAS.com/ OIK YUSUF Sisi atas Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G (foto kiri) memuat IR Blaster dan loudspeaker kedua. Di samping kanan terdapat tombol pengatur volume dan tombol daya

Pinggiran layar Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G melengkung (curved) di sisi kanan dan kiri, sementara bagian frame berbentuk flat.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Pinggiran layar Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G melengkung (curved) di sisi kanan dan kiri, sementara bagian frame berbentuk flat.

Di sisi atas, seperti biasa, terdapat IR Blaster untuk mengendalikan perangkat-perangkat home appliances seperti televisi dan AC. Yang tak kalah penting, Redmi Note 13 Pro Plus 5G tahan air dan debu dengan sertifikasi IP68.

Spesifikasi mumpuni, kamera 200 MP

Xiaomi membekali Redmi Note 13 Pro Plus 5G dengan hardware yang terbilang cukup mumpuni untuk kelasnya. Dapur pacunya mengandalkan System-on-Chip MediaTek Dimensity 7200 Ultra, dengan RAM LPDDR5 dan media penyimpanan UFS 3.1 berkapasitas 512 GB.

Baca juga: Xiaomi Umumkan Daftar Terbaru Perangkat yang Kebagian HyperOS, Ada Redmi Pad SE

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com