Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Lampu Hijau dan Oranye di iPhone, Apa Artinya?

Kompas.com - 11/03/2024, 13:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda menjumpai notifikasi atau warna lampu di layar iPhone Anda? Nah bagi sebagian pengguna bisa jadi pernah menemui notifikasi atau lampu hijau atau oranye pada bagian layar ponselnya.

Warna-warna ini seringkali memberikan informasi tambahan tentang status atau aktivitas tertentu pada perangkat. Nah bagi beberapa Anda yang masih bingung mengapa terdapat lampu hijau dan oranye di iPhone? Selengkapnya berikut ini uraiannya.

Baca juga: Cara Mengetahui Nomor Model iPhone dengan Mudah

Arti lampu hijau di layar iPhone

Dilansir dari laman Digital Trends, apabila terdapat titik hijau di iPhone Anda, itu artinya terdapat aplikasi yang menggunakan kamera atau kamera bersamaan dengan mikrofon.

Titik hijau tidak bisa membedakan apakah kamera digunakan untuk mengambil gambar atau merekam video. Namun, jika aplikasi menggunakan kamera untuk merekam video, bisa dipastikan mikrofon juga aktif.

Beberapa aplikasi umum yang biasanya menunjukkan titik hijau di iPhone Anda termasuk FaceTime, Instagram, Snapchat, atau aplikasi kamera bawaan. Titik hijau ini membantu pengguna memantau kapan kamera sedang digunakan, memberi tahu Anda jika sedang direkam atau difoto oleh aplikasi tertentu.

Arti lampu oranye di layar iPhone

Sedangkan lampu oranye menyala bisa jadi ketika mikrofon sedang digunakan untuk merekam suara. Bisa jadi Anda akan sering melihatnya ketika menggunakan aplikasi Memo Suara, saat melakukan panggilan, atau ketika Anda menggunakan fitur mendiktekan teks untuk mencatat sesuatu dengan suara Anda.

Meskipun seharusnya semua aplikasi meminta izin Anda sebelum menggunakan mikrofon, titik oranye ini membantu Anda mengetahui aplikasi mana yang saat ini sedang menggunakan mikrofon Anda.

Apabila iPhone Anda merupakan model 14 atau yang lebih baru, titik-titik hijau dan oranye ini akan muncul di dalam menu Dynamic Island. Untuk model iPhone dengan notch, titik-titik hijau dan oranye akan tampak di pojok kanan atas layar.

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Iklan di iPhone biar Tidak Mengganggu

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a.  Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com